Abbas Said Pimpin Pemilihan Ketua KY

Sapu Untuk Komisi Yudisial
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Tujuh Komisioner Komisi Yudisial (KY) hari ini menggelar rapat internal membahas mekanisme pemilihan Ketua dan Wakil Ketua KY. Komisioner pun sudah menetapkan Ketua Rapat sementara yang memimpin proses pemilihan tersebut.

Sesuai dengan peraturan KY nomor 1 tahun 2005 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua KY, penentuan ketua ini diambil dari yang tertua dan termuda.

"Ketuanya (sementara) Pak Abbas Said dan wakilnya Pak Jaja Ahmad Jayus," kata Sekretaris Jenderal KY, Muzayyin Mahbub di Gedung KY, Senin 27 Desember 2010.
 
Muzayyin belum dapat memastikan kapan proses pemilihan ketua dan wakil ketua ini berlangsung. Namun yang pasti hari ini tidak ada proses pemilihan. "Kami usahakan minggu sudah terpilih Ketua KY," jelasnya.

Adapun rapat internal hari ini membahas mekanisme pemilihan, yakni apakah terbuka atau tertutup, pencalonan paket dan jadwal. "Kami komitmen bisa selesai siang ini," pungkasnya.

Rapat Paripurna DPR, 6 Desember lalu, menyepakati tujuh komisioner baru Komisi Yudisial (KY). Ketujuh komisioner tersebut telah melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR bidang Hukum, 2 Desember.

Dewan pun akhirnya memilih Eman Suparman (yang mendapat 51 suara), Abbas Said (42), Imam Anshori Saleh (40), Taufiqurrahman Syahuti (39), Suparman Marzuki (38), Jaja Ahmad Jayus (37), dan Ibrahim (36). Mereka mengalahkan tujuh calon lainnya. (umi)

Waspada 4 Pemain Uzbekistan U-23, Ada yang Lawan Arsenal di Liga Champions
Ilustrasi kabel charger baterai mobil listrik

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

CATL sebagai produsen baterai mobil listrik asal China, memanfaatkan Beijing Auto Show untuk meluncurkan baterai canggih terbarunya, Shenxing Plus yang bisa dicas cepat..

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024