Bromo Masih Mengeluarkan Abu Vulkanik

Erupsi Gunung Bromo
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews -- Bromo belum beranjak dari status siaga. Hingga pagi ini, gunung itu masih mengeluarkan asap berwarna putih kelabu yang membawa material abu vulkanik.

"Asap setinggi 600-800 meter, tekanan sedang sampai kuat ke arah timur laut," kata petugas pemantau Gunung Bromo, Azis, saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 1 Januari 2011.

Abu, tambah dia, condong ke arah timur laut. Meski diketahui di mana persisnya lokasi jatuhnya debu vulkanik.

Sementara, cuaca di sekitar kawah Bromo pagi ini berawan, angin bertiup sedang, dan suhu mencapai 12 derajat celsius.

"Tremor sudah mulai mengecil, tapi terus menerus, antara 5 mendatar sampai 20. Itu artinya ada penurunan amplitudo tremor," kata Azis.

Belum ada tanda-tanda aktivitas Bromo bakal mereda. Pada Rabu (29/12)  malam, Bromo membuat kaget warga.  Suara menggelar membuat 60 warga Ngadirejo mengungsi ke kantor Kecamatan Sukapura.

Saat itu, Bromo memuntahkan abu disertai pijar. Dahsyatnya abu Bromo bahkan sampai merobohkan sejumlah rumah dan bangunan. ditemukan ternak mati di radius 45 kilometer dari kawah 'Sang Brahma'.

Tak hanya sapi yang mati dan klenger, ayak ternak wargapun ditemukan mati diduga akibat abu Bromo. Sebab, ketika dibelah, tembolok ayam yang mati penuh abu berwarna hitam.

Begini Kronologi Rezky Aditya Bergaya di Depan Media Korea Selatan
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Elite PDIP mengatakan pertemuan antara Prabowo Subianto dengan Megawati Soekarnoputri secara formal akan berlangsung setelah Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024