Schwarzenegger Pensiun Sebagai Gubernur

Arnold Schwarzenegger
Sumber :
  • AP Photo/Axel Heimken

VIVAnews - Arnold Schwarzenegger pensiun sebagai gubernur negara bagian California, Senin 3 Januari 2011. Setelah tujuh tahun memerintah wilayah terbesar di Amerika Serikat (AS) itu, Schwarzenegger diganti oleh politisi Demokrat, Jerry Brown, yang menang pemilihan gubernur pada 2 November 2010.

"Hal yang penting dalam pengabdian saya sebagai gubernur selama tujuh tahun terakhir adalah memiliki gairah memimpin," kata Schwarzenegger kepada harian The Los Angeles Times.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel

"Kita tidak boleh takut dan harus segera tanggap bahwa dalam politik, mengambil risiko bukan berarti bunuh diri," lanjut pria keturunan Austria, yang sebelum menjadi gubernur pada 2003 lebih dikenal sebagai aktor top Hollywood.

Kelahiran Kota Thal, Austria, 30 Juli 1947, Schwarzenegger berhasil mencetak prestasi sebagai gubernur yang dua kali periode berturut-turut memimpin California. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Schwarzenegger dipusingkan dengan krisis ekonomi yang melanda California, sehingga anggaran pemerintahannya mengalami defisit yang besar.   

Menurut ABC News, Schwarzenegger merupakan contoh seorang perantau yang sukses mengadu nasib di Amerika, yang populer dengan sebutan "American Dream." Pada 1968, di usia 21 tahun, dia nekad hijrah ke AS dari Austria hanya dengan bermodal prestasi sebagai juara kontes binaraga tingkat lokal. 
 
Schwarzenegger lalu meraih gelar sarjana bidang bisnis dan ekonomi dari Universitas Wisconsin. Dia akhirnya mulai bergelimang harta setelah berhasil menang kontes binaraga "Mr Universe" berkali-kali.

Prestasi itu menjadi modal besar bagi Schwarzenegger untuk terjun di dunia peran sehingga berhasil menjadi aktor top di Hollywood. Sukses besar berkat beberapa film laga, seperti Commando dan Terminator, Schwarzenegger memberanikan diri terjun ke gelanggang politik pada awal 2000.

Selain mendapat dukungan dari para politisi Partai Republik, Schwarzenegger juga beruntung beristrikan Maria Shriver, yang punya hubungan kerabat dengan dinasti Kennedy, keluarga berpengaruh dari Partai Demokrat. Keuntungan itulah yang membuat Schwarzenegger berhasil menjadi gubernur California.

Selama berkiprah di Hollywood, Schwarzenegger mendulang kekayaan dalam jumlah besar. Dalam membintangi suatu film, dia pernah mendapat US$30 juta.

Itulah sebabnya dia menolak terima gaji sebagai gubernur. "Saya secara finansial sudah berkecukupan untuk sepanjang hidup. Itu yang membuat saya senang melakukan banyak hal," kata Schwarzenegger.

Dia belum mengungkapkan apa yang akan dilakukan setelah tidak lagi menjadi gubernur. Namun, muncul spekulasi, dia Schwarzenegger bakal dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan lingkungan hidup yang digalakkan Presiden Barack Obama.

"Saya selalu percaya, jangan pernah melakukan segala hal hanya demi uang, tapi selalu berbuat sesuatu karena kita memang senang melakukannya," kata Schwarzenegger. (umi)

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024