Asrama Putra Itu Tersapu Banjir Lahar Merapi

Banjir lahar dingin Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Anis Efizudin

VIVAnews -- Banjir lahar dingin yang terjadi Senin malam membawa dampak luar biasa, jalur Yogya-Magelang putus, aliran air bercampur material vulkanik membuat aliran sungai berbelok. Air bah menerjang perumahan warga.

Berdasarkan pantauan di aliran Kali Putih di Seloboro, Salam, Magelang, aliran Kali Putih melebar sekitar 15 meter ke samping kiri dan kanan bantaran sungai sebelumnya.

Akibatnya, persawahan milik warga yang terletak di sekitar aliran sungai tertimbun material banjir lahar dingin, seperti pasir, batu dan lumpur.

Bahkan, bangunan SMK Pertanian Salam yang terletak di sekitar 15 meter dari bibir sungai  ikut diterjang arus banjir. Bangunan asrama putra yang terletak berdekatan dengan sungai, tersapu banjir.

“Tembok dinding atau benteng pembatas SMK Pertanian jebol terkena banjir. Semalam aliran sungai juga sempat masuk ke dalam benteng SMK. Selain asrama, tempat peternakan dan perikanan milik SMK juga ikut terkena banjir,” ujar salah seorang saksi mata warga Tular, Seloboro, Salam, Miyarto kepada VIVAnews, Selasa 4 Januari 2011.

Tak hanya itu, terjadi pendangkalan di dam atau bendungan Kali Putih yang terletak di sebelah barat SMK Pertanian, hampir rata dengan permukaan tanah kampung. “Bendungan damnya saja sudah tidak terlihat padahal dulu itu cukup dalam bendungan ini," tambah Miyarto.

Kondisi serupa juga terjadi di Salakan, Sirahan, Salam, Magelang. Jalur alternatif penghubung Gulon-Ngluwar sepanjang 500 meter tertimbun material banjir lahr dingin. Ketebalan material yang menutupi badan jalan sekitar 1,5 meter.

“Semalam itu hampir tiga kali banjir yang meluap hingga jalan,” kata Weda salah seorang warga Salakan, Sirahan, Salam.

Mengetahui meluap hingga badan jalan, warga yang tinggal di sekitar sungai dan jalan tersebut langsung bingung kalang kabut dan segera mengungsi ke rumah-rumah milik warga yang terletak di tengah perkampungan. “Ya, kami juga tidak mengira kalau akan sebesar ini. Ini merupakan banjir yang paling besar. Ada sekitar 3 rumah di sini yang diterjang banjir,” paparnya.

Untuk membuka akses jalan penghubung ini, dua back hoe dikerahkan untuk mengeruk material pasir yang menutupi badan jalan.

Laporan: Fajar Sodiq| Magelang, umi

Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Rp 9,2 Miliar, Begini Kronologinya
Ilustrasi peta dunia.

10 Negara Terluas di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

Meskipun Indonesia adalah negara yang luas, membentang dari Sabang hingga Merauke, namun kenyataannya, Indonesia tidak masuk 10 negara terluas di dunia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024