Sensasi Hangatnya Mi Celor Jambi

Mi Celor
Sumber :
  • picasaweb.google.com/amelia.saputri

VIVAnews - Mi celor bukan saja kuliner khas dari kota Palembang, wilayah Sumatera lainnya akrab dengan makanan satu ini. Mi celor yang dalam bahasa Palembang berarti mi seduh menyajikan rasa yang cukup khas dengan udang galah yang hanya ada di sungai Batang Hari Jambi.

Jika berkesempatan mengunjungi Jambi, cobalah menyambangi kawasan makanan di jalan Sultan Agung di dekat Hawa Jaya, sekitar pusat kota Jambi. Sejak sore hingga malam, kawasan ini ramai oleh para pedagang dan pecinta kuliner dalam dan luar kota.

Mi celor yang terkenal di kalangan para pelancong ini memang cukup unik. Kuah santan mi celor Jambi berwarna kemerahan dan agak kental serupa dengan kuah sate padang saat disajikan. Apalagi, makanan yang terdiri dari mi tebal dengan tauge, potongan daging, telur ayam ini terasa hangat dan pedas.

Kenikmatan mi celor Jambi terasa sangat berbeda dengan mi celor lainnya. dengan rebusan udang segar yang diambil langsung dari sungai Batang Hari Jambi. Salah seorang pengunjung dan warga asli Jambi, Jack Yana (mengatakan, mi celor yang menyajikan udang sungai Batang Hari hanya ada dua, di Palembang dan Jambi. "Paling enak makan mi celor saat masih panas dengan rasa udang yang gurih," katanya. Bila dingin, kuah mi celor perlahan akan menjadi lebih cair. Memakan mie celor tak lengkap rasanya bila tidak bersama kerupuk ikan patin atau udang.

Untuk menghalau rasa pedas mi celor, minuman yang ada di warung yang buka sejak sore hingga pukul sepuluh malam menyajikan minuman segar. Es kelapa muda, Es cincau, Es Kundur sejenis labu siam dan es jeruk siap melegakan dahaga selepas menyantap mi celor.

Meski berada di tempat yang cukup kecil tanpa penyejuk udara atau kipas angin, menurut Jack yang sehari-hari bekerja di Jakarta, warung mi Celor kawasan Hawa ini sudah menjadi langganan nama-nama beken. Para politisi lokal dan luar kota kerap menyambangi warung tersebut untuk menikmati sensasi rasa hangat-pedas mi.

Nama seperti Andi Mallarangeng, para anggota DPR maupun pejabat lokal Jambi menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit mereka. "Banyak tokoh dari Jakarta yang rutin datang ke sini dan ketagihan mi celor Sultan Agung," tutur Jack. Tak heran, para pengunjung bahkan banyak yang mengantre untuk dapat menikmati mi celor tersebut.

Selain mi celor, di kompleks yang sama terdapat juga penganan khas martabak India. Martabak dengan kentang dan bawang bombay disajikan dengan kuah khusus mirip kuah gulai kental. Anda yang suka pempek juga bisa menikmati penganan untuk disantap di tempat atau dibawa pulang. Masih diĀ  kawasan yang sama, terdapat jejeran toko penganan khas Jambi yang bisa menjadi buah tangan kerabat dan teman-teman. (umi)

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen
Anies hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih di KPU.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Anies juga merespons soal kemungkinan dirinya bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto, termasuk jika ditawari kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024