Pusat-Pusat Belanja Baru di Jakarta 2011

Kuningan City, salah satu mal dan apartemen di Casablanca
Sumber :
  • Dokumen Agung Podomoro

VIVAnews - Sejumlah proyek ritel atau pusat perbelanjaan terus berkembang pesat di tahun ini, seiring perekonomian yang terus bergairah. Sebab, pada tahun ini akan terjadi penambahan pasokan ritel.

Menurut Soany Gunawan, senior manager research & advisory PT Cushman & Wakefield Indonesia, pusat perbelanjaan akan mendapatkan pasokan baru dari sejumlah proyek berskala besar yang diprediksi selesai dibangun tahun ini. 

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

Proyek-proyek itu adalah superblok Kuningan City seluas 55 ribu meter persegi (m2), Grand Paragon (40 ribu m2), dan Kemang Village sekitar 56 ribu m2.

"Sedangkan yang lain, dapat tambahan dari proyek Tanah Abang Blok B sekitar 4.400 m2, Epicentrum Walk sembilan ribuan m2, dan Area 51 di Pondok Indah Mall kurang lebih dua ribuan m2 yang pada 2010 belum selesai dibangun," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu 5 Januari 2010.

Sementara itu, Cushman & Wakefield mencatat, total pasokan kumulatif sampai akhir 2010 mencapai 3,56 juta m2 yang terdiri dari 67,7 persen proyek ritel sewa dan 32,3 persen proyek ritel strata-title (jual putus).

Pasokan itu berasal dari pusat perbelanjaan baru seperti Jakarta Gems Center Rawabening di Jakarta Timur dan Tanah Abang Blok B di Jakarta Pusat, serta Epicentrum Walk (CBD Jakarta), Menteng Central dan C’One Plaza (Jakarta Pusat), dan Gandaria City (Jakarta Selatan). (hs)

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
Calon anggota Paskibra Kabupaten Sukabumi dinyatakan meninggal dunia.

Kronologi Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal Dunia saat Jalani Seleksi Paskibra

Seorang siswi SMA Negeri 1 Cisaat meninggal dunia saat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat Kabupaten Sukabumi 2024 di Kecamatan Palabuhanratu,

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024