Uji Kesuksesan Bayi Tabung dalam 60 Detik

Tes Kehamilan
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Para ilmuwan telah merancang tes 60 detik untuk memprediksi kemungkinan pasangan bisa memiliki bayi melalui program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Sebuah kalkulator gratis, tersedia online, bisa memberikan jawaban sembilan pertanyaan sederhana untuk mengetes kemungkinan program kesuburan itu berhasil.

Keakuratan alat tes ini diyakini hampir 100 persen. Tes dapat menyelamatkan pasangan dari trauma jika pengobatan diulang dan hasilnya gagal.

Seperti dilansir dari laman PLoS ONE, alat ini sangat bermanfaat bagi wanita sulit hamil. Jika hasil tes bisa diketahui sejak awal, maka bisa membantu wanita untuk melakukan pengobatan yang dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk memiliki momongan melalui program IVF.

Universitas Glasgow dan peneliti Bristol memperoleh informasi latar belakang mengenai hampir 150.000 perawatan IVF dilakukan di Inggris antara 2003 dan 2007. Mereka menggunakan data ini untuk menentukan faktor paling penting untuk membantu wanita agar bisa hamil. Dari sini, mereka menciptakan tes prediksi IVF.

Kesembilan pertanyaan bisa dijawab dalam waktu kurang dari satu menit dan hasilnya sampai 99 persen akurat, para ilmuwan mengatakan.

Scott Nelson, seorang peneliti dari Glasgow University, mengatakan, "Tes ini memberikan informasi penting pada hasil kemungkinan bagi pasangan yang memutuskan apakah akan menjalani IVF - sampai sekarang perkiraan keberhasilan belum dapat diandalkan."

"Di AS dan Inggris, IVF berhasil dilakukan pada sepertiga dari wanita di bawah usia 35 tahun tetapi hanya 5 sampai 10 persen pada wanita di atas 40 tahun," Nelson menambahkan.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024