Menteri Hukum dan HAM

2 Oktober, Sony dari Singapura ke Indonesia

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Patrialis Akbar mengungkapkan seseorang bernama Sony Laksono melakukan perjalanan dari Singapura ke Indonesia pada 2 Oktober 2010. Bukan sebaliknya dari Indonesia ke Singapura.

"Tapi, kami belum tahu apakah di Singapura ini transit atau bukan. Rutenya kami tidak tahu persis," kata Patrialis di kantornya, Kamis 6 Januari 2010.

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga

Sony Laksono diduga adalah nama yang digunakan Gayus Tambunan untuk bepergian saat berstatus tahanan di Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Selain itu, kepolisian juga telah memeriksa manifes penumpang Mandala dan Airasia yang diduga digunakan oleh Sony Laksono untuk pergi ke luar negeri. Hasilnya, Polri menemukan nama Sony Laksono yang diduga sebagai Gayus Tambunan pernah melakukan perjalanan ke Macau dan Singapura.

Untuk perjalanan ke Singapura, Sony Laksono menggunakan pesawat Airasia pada 30 September 2010. "Penumpang Sony Laksono, duduk di bangku 11F," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri.

Boy menjelaskan Sony Laksono ini duduk berdekatan dengan Devina, orang yang menulis surat pembaca yang isinya pernah melihat orang mirip Gayus Tambunan ketika melakukan penerbangan ke Singapura. "Gayus 11F, Devina duduk di 11D," tambahnya. "Itu juga sudah diperoleh oleh petugas kami."

Sementara ke Macau, Sony Laksono berangkat pada 24 September 2010 dengan pesawat Mandala.

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Sehingga, tugas Kepolisian sekarang ini adalah membuktikan apakah orang yang menggunakan paspor atas nama Sony Laksono itu adalah Gayus Tambunan. "Dengan mencermati dokumen-dokumen yang didapat itu termasuk sistem data base yang ada di imigrasi," kata dia.

"Kami dapat info register paspor yang terbuat atas nama Sony, merupakan paspor atas nama Margaretha, tapi ternyata yang bersangkutan nggak kembali."

Polri juga akan mencari bersama siapa saja Gayus pergi ke luar negeri. "Itu dilihat nanti, tentunya itu akan berkembang," kata dia. (hs)

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kaesang menyambut baik langkah PKB dan Nasdem yang merapat ke kubu Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024