Polri Yakin Paspor Sony Laksono Milik Gayus

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews - Polri meyakini paspor atas nama Sony Laksono yang diduga pergi ke luar negeri milik terdakwa kasus penyuapan kepada aparat hukum, Gayus Tambunan. Namun demikian, Polri masih memerlukan sejumlah keterangan untuk memastikan kebenarannya.

"Tidak diragukan lagi," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Anton Bahrul Alam di Mabes Polri, Jakarta, Kamis 6 Januari 2011.

Keyakinan itu juga diungkapkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum, Kombes Boy Rafli Amar. "Dugaan sementara bukunya asli, cuma datanya yang palsu," kata Boy.

Selain itu, Boy mengatakan Polri telah memeriksa manifes penumpang Mandala dan Air Asia yang diduga digunakan oleh Sony Laksono untuk pergi ke luar negeri. Hasilnya, Polri menemukan nama Sony Laksono yang diduga sebagai Gayus Tambunan pernah melakukan perjalanan ke Macau dan Singapura.

"Dari manifes, terdapat seseorang yang berinisial Sony bepergian ke luar negeri dengan pesawat Mandala pada 24 September dengan tujuan Macau. Pada 30 September kita juga menemukan manifes AirAsia tujuan Singapura dengan penumpang Sony Laksono, duduk di bangku 11F," kata dia. "[Data] Itu juga sudah diperoleh oleh petugas kita," tambah dia.

Namun, Boy mengatakan Polri harus membuktikan kebenaran data tersebut sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku. "Dengan mencermati dokumen-dokumen yang didapat itu termasuk sistem data base yang ada di imigrasi," kata dia.

Sebelumnya, beredar foto paspor seseorang mirip Gayus. Dalam foto itu, 'Gayus' menggunakan rambut palsu dan kaca mata berbingkai tebal. Paspor itu ditulis atas nama Sony Laksono, tanggal lahir 17 Agustus 1975. Paspor bernomor register 1A11JC4639-JRT itu dikeluarkan tanggal 5 Januari 2010. (adi)

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?
Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024