"Gayus" Pelesir, Petugas Bandara Diperiksa

Paspor palsu Gayus atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews – Tim investigasi bentukan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) telah memeriksa petugas imigrasi Bandara Soekarno-Hatta terkait dugaan pelesirnya Gayus Tambunan ke luar negeri.

"Berapa orang yang diperiksa, saya kurang tahu persis. Tapi yang jelas, sudah ada satu orang yang diperiksa, petugas imigrasi bandara Soekarno-Hatta," ujar Kepala Humas Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Maroloan J Baringbing di kantornya, Jakarta, Jumat 7 Januari 2011.

Namun, Baringbing tak dapat menyebutkan siapa petugas yang dimaksud. Sebab, menurut aturan, dia tidak berwenang memberi tahu proses investigasi yang sedang dilakukan oleh tim. "Orang itu yang bertugas saat Sony Laksono keluar negeri," imbuhnya.

Selain petugas imigrasi Bandara, kata Baringbing, tim juga telah memeriksa petugas imigrasi Jakarta Timur.

Hingga saat ini tambah dia, sosok Sony Laksono hingga kini juga belum diketahui keberadaannya oleh tim investigasi. Begitu juga dengan keberadaan paspornya. Namun di pastikan oleh tim, bahwa data yang digunakan dalam paspor tersebut adalah palsu.

"Kami kesulitan mengambil paspor, karena paspor berada di tangan pemiliknya. Cuma kan kita belum tahu pemiliknya siapa," kata Baringbing.

Orang yang diduga Gayus Halomoan Tambunan, tersangka mafia pajak telah berseliweran beberapa kota di luar negeri seperti, Macau pada 24 September, Kuala Lumpur 30 September dan Singapura 2 Oktober.

Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar langsung membentuk tim untuk mengusut kasus ini. Tim menemukan paspor atas nama Sony Laksono, dengan foto mirip eks pegawai pajak itu. Dalam foto, Gayus memakai wig dan kaca mata bingkai tebal. Dugaan kemudiaan mengarah ke Gayus, sebab foto itu mirip dengan foto Gayus saat plesir ke Bali beberapa waktu lalu.

Informasi orang mirip Gayus ke luar negeri berasal dari seorang warga yang menulis surat pembaca di Harian Umum Kompas, Minggu 2 Januari lalu. Dalam suratnya, Devina menulis: "Ketika itu seorang pria memakai wig dan kacamata masuk ke ruangan tempat saya menunggu. Setelah melihat foto yang belakangan banyak beredar di surat kabar dan berita TV, saya semakin yakin bahwa orang yang berada dalam satu penerbangan dengan saya ke Singapura tersebut memang Gayus."

Devina berada dalam penerbangan Air Asia bernomor QZ 7780, dengan waktu keberangkatan 11.20 WIB dari Jakarta menuju Singapura, hari Kamis, 30 September 2010.

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024