Paspor 'Gayus'

Imigrasi Bandara Harus Tanggung Jawab

Paspor Gayus Tambunan atas nama Sony Laksono
Sumber :
  • Twitter Denny Indrayana

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar menegaskan orang yang bertanggung jawab dalam kasus lolosnya paspor Sony Laksono yang fotonya mirip Gayus Tambunan ke luar negeri dari pemeriksaan petugas imigrasi adalah atasan langsung petugas yang bertugas saat itu.

"Atasan satu tingkat di atasnya harus bertanggung jawab. Sekarang tim investigasi sedang bekerja," kata Patrialis kepada VIVAnews di Pekanbaru, Jumat 7 Januari 2011.

Ia menyebutkan, pekan depan hasilnya diharapkan sudah bisa diketahui.

Ketika ditanya apakah terkait kasus ini Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terancam akan diganti, ia hanya mengatakan yang bertanggung jawab adalah atasan langsung yang berada satu tingkat di atas petugas yang saat itu bertugas di bandara.

Plt Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Muhammad Indra menanggapi masalah ini mengatakan ia tidak bisa memberikan komentar banyak. "Sekarang tim investigasi sedang bekerja. Kita tunggu hasil kerja mereka dulu," katanya di Pekanbaru saat mendampingi Menteri Hukum dan HAM.

Namun ia mengakui saat pemeriksaan, paspor atas nama Sony Laksono berwarna kuning. "Itu artinya ada kejanggalan data dalam paspor itu. Harusnya petugas membawa pemilik paspor dan mempertanyakan masalah data-data tersebut. Tapi itu tak dilakukan," katanya.

Kalau yang muncul warna merah, berarti yang bersangkutan dicekal.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Sebelumnya, Gayus sudah mengakui selama berada di tahanan, dia sempat bepergian ke Makau, Kuala Lumpur, dan Singapura.

Laporan: Ali Azumar | Riau

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024
Gedung Merah-Putih KPK

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya

Presiden terpilih Prabowo Subianto, dikatakan tidak perlu menyetor nama-nama calon menteri, kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Apalagi nama-nama itu distabilo tertentu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024