Gedung Baru DPR

Kader Demokrat Beda Sikap Soal Kolam Renang

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Gedung baru DPR bernilai Rp1,3 triliun direncanakan akan dibangun pada tahun 2011 ini. Kolam renang yang rencananya menjadi salah satu fasilitas pelengkap gedung tersebut juga menuai kritikan dari berbagai pihak, termasuk fraksi-fraksi di parlemen yang menyetujui pembangunan gedung baru itu.

"Tidak usah pakai kolam renang. Kalau mau pakai kolam renang, di rumah saja," kata Ketua Fraksi Demokrat, Jafar Hafsah, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 10 Januari 2011.

Pendapat Jafar berbeda dengan pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang juga kader Demokrat. Jumat lalu, mantan Sekretaris Jenderal Demokrat itu menegaskan, kolam renang tersebut akan difungsikan sebagai alat penampung air, bukan sekedar fasilitas olahraga dan rekreasi.

"Konsultan menyatakan, daripada menjadi penampung air saja, maka dijadikan juga sarana olahraga kolam renang agar bermanfaat dan bisa dimanfaatkan siapapun," kata Marzuki, Jumat, 7 Januari kemarin.

Sementara Jafar menyatakan, pada prinsipnya Demokrat mendukung pembangunan gedung baru DPR selama pembangunan tersebut mengedepankan fungsi, bukan aksesoris. "Kami ingin membangun gedung yang fungsional dan efisien sesuai kebutuhan, dengan standar pembangunan berkualitas sesuai dana yang ada," kata Jafar.

Ia menambahkan, gedung baru DPR merupakan konsekuensi logis akibat kapasitas gedung yang saat ini sudah tidak memadai. "Gedung ini dibangun sudah 30 tahun lalu. Sekarang sudah overcapacity, 1.500-2.500 orang. Kalau semua orang itu dimasukkan, sebagian harus berdiri di lorong karena kursi yang ada sudah penuh," tutur Jafar.

Jafar juga menerangkan, gedung baru DPR merupakan program jangka panjang DPR yang dirancang sudah dari jauh-jauh hari. "Yang penting, tendernya harus transparan dan tepat sasaran," katanya. Anggaran awal gedung baru DPR berjumlah Rp1,8 triliun. Jumlah itu kemudian ditekan menjadi Rp1,3 triliun, dan kini diupayakan tak lebih dari Rp1 triliun.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024