Tetap Langsing Setahun Dibayar Rp5,9 Juta

pinggang
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Makin rendahnya kebiasaan sehat yang menyebabkan jumlah perokok dan penderita obesitas terus bertambah, membuat pemerintah Inggris kelabakan. Selama beberapa dekade, kesehatan masyarakat Inggris kian buruk. Untuk menghentikannya, pemerintah Inggris punya solusi, yaitu: 'menyuap' orang agar hidup sehat.

Menurut pejabat Inggris, hasil uji coba hidup sehat di beberapa telah menunjukkan hasil memuaskan. "Kami akan memperluas program insentif finansial untuk perilaku sehat yang disertai bukti pendukung," kata juru bicara Departemen Kesehatan seperti dikutip Aol Health.

Pemerintah Inggris berkomitmen membayar tunai perilaku sehat untuk membalikkan budaya penyebab obesitas di negara David Bekham ini. Di beberapa daerah pinggiran kota London, pemerintah memberi kupon belanja atau tiket nonton bagi siswa yang berjalan kaki daripada yang menggunakan transportasi umum. Pemerintah juga akan memberi kupon senilai lima juta pound dengan pecahan 50 pound bagi keluarga yang makan sayur dan buah-buahan tiap hari.

Pemerintah menugaskan perusahaan Weight Wins untuk menguji apakah program penurunan berat badan seseorang berhasil. Pada uji coba 2008 lalu, 400 orang berhasil menurunkan berat badan 15 kilogram dan mempertahankan setidaknya selama setahun. Bagi yang berhasil mempertahankan berat badan hingga 24 bulan, berhak menerima sejumlah £425 atau sekitar Rp5,9 juta.

Sebuah proyek percontohan di Skotlandia juga memberi kupon makanan bagi perempuan kategori miskin senilai £12,50 atau Rp176.500 perminggu jika mereka berhenti merokok. Dalam sebulan, hampir 60 persen dari mereka berhenti merokok disusul 35 persen lainnya setelah tiga bulan berikutnya. Rencananya, pemerintah Skotlandia akan memperkenalkan program baru ini ke seluruh negeri.

Beberapa ahli kesehatan menyatakan pesimistis atas rencana tersebut. Bagaimanapun, menurut mereka, sulit mengubah kebiasaan masyarakat dan bisa menjadi bumerang anggaran negara.

Paul Ballard, Wakil Direktur Kesehatan Masyarakat di Tayside, mengatakan program dapat berjalan selama ada dana. Selain itu, program hanya berhasil sementara. "Keberhasilan program sulit tercapai. Karena kenyataannya, masyarakat terus menerus dihadapkan dalam iklan untuk makan lebih banyak."

Menurutnya, untuk mengurangi obesitas pada masyarakat, pemerintah harus membuat perubahan mendasar seperti mengubah sistem harga makanan untuk membuat makanan sehat lebih murah.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali
Gunakan Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Dump Truk

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Rasa senang bisa memiliki sepeda motor baru untuk ke sekolah, justru berbuah petaka dialami Faizal Hadi Winata, seorang pelajar SMA Negeri 2 Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024