Menkumham

Investigasi Pelesir Gayus ke LN Sudah Rampung

Foto Gayus Tambunan yang beredar di internet.
Sumber :
  • kaskus.us

VIVAnews - Tim investigasi yang dibentuk untuk menelusuri perjalanan ke luar negeri merampungkan tugasnya. Hasil investigasi ini akan diserahkan ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum dan HAM) Patrialis Akbar.

"Siang ini akan diserahkan semuanya," kata Patrialis sebelum memimpin rapat internal di Kemenkum dan HAM, Selasa 11 Januari 2011.

Patrialis mengaku belum mengetahui hasil penelusuran tim investigasi ini. Namun, dia mengatakan semua petugas imigrasi yang terkait dalam 'meloloskan' Gayus ke luar negeri dengan paspor Sonny Laksono pun akan diserahkan hasilnya.

Soal kabar ke Gayus diduga ke Bahama? "Saya Belum tahu informasi tersebut."

Sebelumnya, Mabes Polri mengungkapkan Gayus mengakui telah pergi ke tiga kota di luar negeri, Singapura, Kuala Lumpur, dan Macau. Dari pengakuan ini, Kepolisian lantas mengembangkan penyidikan ke arah istri Gayus, Milana Anggraeni. Polisi menduga Milana pergi bersama-sama dengan Gayus yang menggunakan paspor atas nama Sony Laksono.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

Selain kepolisian, Kementerian Hukum dan HAM sendiri membentuk tim khusus dan menemukan sejumlah kejanggalan dalam terbitnya paspor Sony Laksono. Pertama, paspor berasal dari Kantor Imigrasi Jakarta Timur. Namun, Kantor Imigrasi Jakarta Timur tidak pernah menerbitkan paspor tersebut. "Jadi proses pembuatannya tidak dikerjakan oleh kantor imigrasi manapun. Artinya itu dikerjakan di luar," kata Patrialis.

Kedua, paspor itu semula dibuat untuk Margaretha, seorang anak kecil. Tiba-tiba tidak dilanjutkan. "Ibunya sudah membuat surat pernyataan bahwa memang pada waktu itu pembuatan paspor tidak dilanjutkan. Karena belum foto dan wawancara. Hal itu karena orang tuanya ada kesibukan lain," jelas Patrialis.

Ketiga, kenapa paspor tersebut lolos dalam pemeriksaan imigrasi di Bandara Soekarno Hatta. Seluruh petugas imigrasi yang diduga terlibat kini masih diperiksa dan sudah dibebastugaskan dari pekerjaannya.

Korea Selatan vs Jepang

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Timnas Korea Selatan U-23 mendapatkan kabar buruk jelang menghadapi Timnas Indonesia U-23 pada laga babak 8 besar Piala Asia U-23.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024