Istana: Sikap Presiden Usut Tuntas Gayus

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dalam pembacaan tanggapan akhir sebagai terdakwa, Gayus Tambunan menyatakan Presiden SBY dan Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum tahu siapa big fish dalam perkara mafia pajak dan hukum yang menyeretnya. Namun, juru bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha tak mau mengomentari pernyataan Gayus tersebut.

"Karena memang sampai saat ini presiden tidak memberikan respons soal itu," kata Julian kepada wartawan, Selasa 11 Januari 2011.

Julian menegaskan bahwa penanganan kasus hukum, khususnya Gayus, presiden sudah memberikan instruksi kepada pimpinan polri, kejaksaan dan penegak hukum bidang lainnya. "Untuk segera menuntaskan atau menjelasan pada publik seperti apa yang sebenarnya terjadi," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, sikap Presiden SBY sudah jelas bahwa kasus Gayus harus diusut tuntas sehingga publik akan melihat suatu proses yang bisa diikuti dan diterima. "(Publik) Tidak lagi melihat kasus ini secara personal atau sepihak. Dianggap ini melibatkan ini dan dikaitkan dengan hal-hal lain."

Dia meminta agar semua pihak menahan diri dan membiarkan kasusnya bergulir sampai ke pengadilan. Menurutnya, apakah Gayus memang mendapat perlakuan khusus selama ini, biar terbuka di pengadilan. "Bagaimana kesaksian dari saudara Gayus nanti," kata dia.

Gayus Tambunan membuat pemberitaan lagi setelah salah satu penumpang pesawat AsiaAir, Devina yang mengaku melihat seseorang diduga Gayus Tambunan dalam penerbangan ke Singapura, 30 September 2010.

Informasi ini bergulir sampai akhirnya Mabes Polri mengungkapkan bahwa Gayus sudah mengakui bepergian ke Singapura, Kuala Lumpur, dan Macau. Polri menduga Gayus menggunakan paspor atas nama Sony Laksono, nama yang sama saat Gayus ketahuan bepergian ke Bali, awal November 2010.

Dalam sidang, Gayus menilai 90 persen pemberitaan mengenai dirinya di media massa keliru dan merugikan diri dan keluarganya. (sj)

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik
Aura Jeixy Teman Chandrika Chika

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Masyarakat sedang ramai membicarakan penangkapan enam selebgram di sebuah hotel di Jakarta Selatan pada hari Senin, 22 April 2024, termasuk Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024