Masyarakat NTB Ingin Jatah 7% Saham Newmont

Kegiatan penambangan tembaga dan emas PT Newmont Nusa Tenggara
Sumber :
  • VIVAnews/Hadi Suprapto

VIVAnews - Rencana pemerintah pusat membeli tujuh persen divestasi saham PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) jatah 2010 menuai reaksi sejumlah kelompok masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sejumlah elemen organisasi kemasyarakatan di Nusa Tenggara Barat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat NTB untuk Divestasi akan menggelar aksi besar-besaran guna mendesak pemerintah pusat menyerahkan tujuh persen divestasi saham kepada pemerintah Provinsi NTB.

Aksi unjuk rasa tersebut akan dilaksanakan pada Kamis, 13 Januari 2011, dengan dengan cara mengumpulkan 100 ribu tanda tangan dari masyarakat NTB.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun

Tanda tangan akan ditorehkan pada spanduk putih sepanjang satu kilometer secara serentak di empat lokasi yakni Kota Mataram, Selong Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa, dan Taliwang.

Spanduk tersebut nantinya akan dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap pemerintah daerah NTB untuk memperoleh tujuh persen divestasi saham Newmont.

Juru bicara Gerakan Masyarakat NTB untuk Divestasi, Fihir, mengatakan
aksi protes tersebut merupakan bentuk perhatian masyarakat terhadap
divestasi saham Newmont jatah 2010. Fihir menilai, dengan kepemilikan tujuh persen saham itu, pemerintah daerah NTB dapat melengkapi kepemilikan saham yang kini sudah dikuasai, sebesar 24 persen.

"Gerakan ini merupakan bentuk kegelisahan masyarakat terutama terkait kepemilikan saham. Apalagi, selama ini masyarakat NTB belum sepenuhnya merasakan manfaat dari tambang Newmont Nusa Tenggara," kata Fihir di Mataram, Selasa, 11 Januari 2011.

Selanjutnya, pada 17 Januari 2011, sekitar 10 orang perwakilan kelompok masyarakat akan mendatangi kantor Komisi VII DPR RI. Kelompok ini berencana dengar pendapat dengan anggota Komisi VII DPR.

Tidak hanya itu, Gerakan Masyarakat NTB untuk Divestasi ini juga berencana melakukan tabligh akbar dengan mengerahkan ribuan masyarakat NTB. Fihir mengklaim kelompoknya mendapat dukungan dari sejumlah elemen masyarakat baik pelajar, mahasiswa, dan tokoh masyarakat.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan mitranya PT Multi Capital melalui konsorsium PT Multi Daerah Bersaing sudah menguasi 24 persen saham Newmont. Dengan menguasai tujuh persen divestasi saham Newmont jatah 2010, NTB akan memiliki 31 persen saham perusahaan tambang emas dan tembaga itu.

Namun, rencana tersebut belum terealisasi menyusul keinginan pemerintah pusat membeli saham senilai US$272 juta atau sekitar Rp2,44 triliun itu.

Laporan: Edy Gustan l Mataram

Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024