10 Tanaman Pembersih Udara Ruangan

Tanaman pernik interior
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews – Berkantor di gedung bertingkat tinggi (high-rise building) bagi sebagian orang bisa memberi kesan elit. Desain modern, dinding kaca, pendingin ruangan (AC), serta hamparan karpet membuat ruangan kantor terlihat sejuk dan nyaman untuk bekerja. Tetapi dari segi kesehatan desain semacam itu justru bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Para pekerja kantoran biasa menghabiskan 7-9 jam di ruang kerja tersebut. Paparan AC yang dingin serta kurangnya ventilasi udara dan cahaya bisa menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Yang umum timbul adalah gejala sakit kepala, mual, perut kembung, mata dan tubuh cepat lelah, dehidrasi mulut dan kulit, dan sebagainya. Tapi gejala ini biasanya hanya muncul saat kita sedang di dalam ruangan.
Keluhan semacam itu disebut Sick Building Syndrome (SBS).

Gejala-gejala kesehatan itu terjadi karena tidak adanya sirkulasi udara yang baik, suhu AC yang terlalu dingin, dan kebersihan AC yang kurang terjaga.

Serahkan Kesimpulan Hari Ini, Yusril Yakin MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar

Karpet yang menyimpan debu, bakteri dan kuman. Belum lagi berbagai zat kimia pembersih atau pengharum ruang yang memenuhi udara kangtor. Udara yang tidak bersih tersebut membuat ruangan kekurangan oksigen bersih, sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Itulah yang menimbulkan bermacam keluhan kesehatan.

Tapi kini hal itu bisa diatasi dengan tanaman dalam ruangan. Tak hanya membuat suasana ruangan lebih segar, tanaman tersebut juga bisa mengatasi keluhan SBS.

Survei BI Ungkap Keyakinan Konsumen Akan Ekonomi Indonesia Naik

Penelitian yang dilakukan Badan Antariksa Amerika (NASA) bekerja sama dengan Asosiasi Kontraktor Lanskap Amerika (ALCA) menemukan bahwa memelihara tanaman di ruang kantor bisa mengurangi gejala SBS.

Dr. Bill Wolverton yang memimpin penelitian tersebut mengungkapkan, beberapa jenis tanaman bisa menyerap polutan di udara dalam ruangan.

“Kombinasi teknologi dan tanaman dalam pot sangat efektif membersihkan udara. Daun dan akar tanaman berperan mengganti oksigen dan mengurangi kadar racun kimiawi di udara, “ kata Wolverton.

Tanaman tersebut bisa mengurangi kadar formaldehyde, benzene, dan karbon monoksida di udara ruangan.

Sepuluh tanaman yang bisa terbukti efektif menyegarkan udara ruangan menurut penelitian tersebut adalah:

- Palem (Chamaedorea seifritzii)
- Chinese evergreen/sri rezeki (Aglaonema modestum)
- English Ivy (Hedera helix)
- Gerbera (Gerbera jamesonii)
- Dracaena varietas Janet Craig
- Dracaena Marginata
- Sri gading (Dracaena Massangeana)
- Lidah mertua (Sansevieria Laurentii)
- Chrysantheium morifolium
- Dracaena Warneckii

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya