Busyro Masih Merasa Jadi Ketua KY

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Meski sudah tidak menjabat Ketua Komisi Yudisial (KY), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, ternyata masih sulit melupakan lembaga yang pernah dipimpinnya itu.

Buktinya, saat memberikan sambutan dalam acara donor darah yang diadakan Wadah Pegawai KPK di gedung KPK, Rabu 12 Januari 2011, Busyro menyebutkan dirinya sebagai pimpinan KY.

"Atas nama pimpinan Komisi Yudisial, kami mengucapkan selamat datang..," ucap Busyro. Sontak, kalimatnya ini membuat hadirin yang salah satunya Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla, tertawa.

Raut wajah Busyro pun seketika terbengong. Dalam hitungan detik dia belum menyadari apa yang diucapkannya itu. "KPK, Pak,"" kata hadirin mengingatkan, termasuk Jusuf Kalla.

Lantas, dengan raut wajah yang sedikit malu, akhirnya Busyro pun menyadari kekeliruan ucapannya itu. "Oh maaf. Padahal saya sudah 20 hari menjadi ketua KPK. Atas nama pimpinan KPK, kami ucapkan selamat datang," kata Busyro untuk kedua kalinya menyambut hadirin yang datang.

Dalam sambutannya, Busyro mengatakan, PMI sudah sejak lama menjadi mitra KPK dalam kegiatan sosial donor darah. Dan kerjasama ini sangat diapresiasi oleh seluruh awak KPK. "Kegiatan ini terus menerus kita lakukan, dan Pak JK adalah orang yang selalu konsen dengan kegiatan sosial seperti ini," ujar Busyro.

Busyro juga berkelakar, bahwa darah orang-orang KPK sama dengan darah para koruptor. "Sama-sama warna merah. Tapi, darahnya orang KPK adalah darah orang-orang yang konsen pada pemberantasan tindak pidana korupsi," katanya.

Nampaknya, kesalahan ucap Busyro masih diingat oleh JK. Dalam sambutannya JK menyatakan, "Ya kami hormati Ketua KPK Pak Busyro yang juga mantan Ketua KY," kata JK. Kembali, hadirin dibuat tertawa.

Menurut JK, untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat, PMI akan terus berupaya menggalang pengumpulan darah diberbagai kantong-kantong keramaian masyarakat seperti pusat perbelanjaan, perkantoran dan kampus-kampus.

Ketua Wadah Pegawai KPK Aldiansyah mengungkapkan, kegiatan donor darah rutin dilakukan tiga bulan sekali. Dan kegiatan seperti ini menurutnya sudah dilakukan sejak Desember 2007 lalu. "Rata-rata setiap donor darah, kita mengumpulkan 100 kantong darah. Mudah-mudahan, darah yang kami donorkan dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan," tuturnya. (sj)

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih
Presiden Iran, Ebrahim Raisi (tengah).

Masih Hangat, Presiden Iran Bujuk Pakistan Gabung Aliansi Anti-Israel

Presiden Iran, Ebrahim Raisi, tiba di Islamabad pada hari Senin, 22 April 2024 untuk kunjungan resmi selama tiga hari. Iran dan Pakistan sedang berupaya baiki hubungan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024