Mandala Terbang Hingga ke Macau

Mandala Air
Sumber :
  • www.mandalaair.com

VIVAnews - Kondisi maskapai Mandala Airlines yang akan berhenti beroperasi sementara mengejutkan banyak pihak. Maskapai ini mempunyai rute yang hampir mencapai wilayah Indonesia dan tiga negara.

Dalam situs Mandala, disebutkan Mandala melayani penerbangan di beberapa kota di Indonesia. Mandala terbang mulai dari Jakarta, Medan, Pekanbaru, Padang, Bengkulu, Semarang, Yogyakarta, Batam, Jambi, Pangkal Pinang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Tarakan, dan Kupang.

Bahkan, Juni 2010, Mandala membuka penerbangan ke tiga negara dengan empat rute yaitu Jakarta-Singapura, Balikpapan-Singapura, Jakarta-Macau, dan Jakarta-Hong Kong. Mandala bahkan telah memotong biaya perjalanan untuk tujuan internasional lebih dari 60 persen. Mandala juga melakukan pemesanan armada A320 mulai 2011.

Tahun lalu, Mandala mendapatkan sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA). IOSA adalah akreditasi keselamatan penerbangan yang diakui secara internasional bagi maskapai penerbangan yang memenuhi standar keselamatan dan mutu industri global. Mandala adalah maskapai penerbangan swasta pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi keselamatan IOSA.

Sejak maskapai ini kemudian dijual kepada Cardig International dengan kepemilikan 51 persen dan Indigo Partners (49 persen), Mandala bahkan memesan 30 pesawat, dan tumbuh rata-rata 25 persen per tahun.

Namun, dalam perjalanannya, Mandala mengalami masalah sengketa dan persoalan internal dengan pihak yang menyewakan pesawat. Mandala juga mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat.

Menurut Head of Corporate Communication Mandala Airlines Nurmaria Sarosa, pengajukan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa depan.

"Langkah ini diambil juga karena adanya kebutuhan yang kuat untuk merestrukturisasi perusahaan agar dapat memiliki positioning dan pembangunan merek yang jelas sehingga dapat membantu memperkokoh sistem operasional perusahaan," tulis Nurmaria dalam keterangan persnya. (art)

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan
Dok. Istimewa

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Megawati Soekarnoputri menyampaikan sejumlah kualifikasi sikap serta tindakan yang harus diperkuat oleh para kader partai, khususnya yang akan maju di pilkada serentak.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024