Gedung Baru DPR Belum Dibahas

Rancangan gedung baru DPR yang bernilai Rp1,1 triliun
Sumber :
  • www.dpr.go.id

VIVAnews - Anggota Badan Urusan Rumah Tangga Dewan Perwakilan Rakyat, Muhammad Arwani Thomafi, menyatakan gedung baru DPR masih dalam tahap melanjutkan pembahasan rencana pembangunannya.

"Penundaannya dulu itu kan disepakati karena pembahasannya itu akan dilanjutkan pada tahun depan. Berarti kan tahun ini, 2011, akan dibahas lagi," kata Arwani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 13 Januari 2011.

Menurut politikus Partai Persatuan Pembangunan itu, pembahasan lanjutan terkait dengan efisiensi anggaran,  menghilangkan fasilitas-fasilitas mewah, dan fokus pada apa yang menjadi kebutuhan bagi peningkatan kinerja kedewanan saja. "Kalau misalnya yang dibutuhkan itu untuk tenaga ahli saja, ya sudah bangun untuk tenaga ahli saja. Nah itu yang pembahasannya dilanjutkan di tahun ini.  Dan pembahasan itu belum dimulai," kata Arwani.

Arwani menambahkan anggaran untuk pembangunan gedung baru pada tahap termin pertama sebesar Rp250 miliar sudah dikembalikan ke kas negara. Uang itu bagian dari total anggaran Rp1,8 triliun yang akan dibagi dalam tiga termin multiyears tiga tahun. Namun, pada 2010 itu, disepakati anggaran pembangunan gedung itu turun menjadi hanya Rp1,3 triliun.

Berhubung tahun 2011 ini anggaran bagi DPR sudah diputuskan Rp800 miliar, menurut Arwani, bisa digunakan untuk membangun gedung lagi, tetapi sesuai kebutuhan saja. "Anggaran 2011 itu kan dah diketuk 800 miliar rupiah, nah itu menurut kami sudah sangat cukup."

Jumat lalu, Ketua DPR, Marzuki Alie, mengungkapkan bahwa gedung baru DPR yang bernilai Rp1 triliun jadi dibangun tahun ini. Marzuki juga menyatakan, semua fraksi tidak ada keberatan dengan proyek ini.

Namun belakangan, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya membantah mendukung pembangunan gedung baru ini. Sementara Fraksi Hanura menyatakan, mendukung namun biayanya dipatok maksimum sampai Rp800 miliar saja.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024