Cuaca Buruk, Bencana Beruntun Terjadi di NTT

ilustrasi pohon tumbang.
Sumber :

VIVAnews -- Cuaca buruk yang melanda Nusa Tenggara Timur beberapa hari terakhir menyebabkan terjadinya puting beliung dan gelombang pasang.

Puluhan rumah dilaporkan rusak dan ratusan warga terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman.  Pemerintah setempat telah menerjunkan tim darurat untuk mengevakuasi warga serta menyalurkan bantuan pangan.

Di Kabupaten Kupang, belasan rumah mengalami kerusakan serius setelah diterjang puting beliung Rabu tengah malam. Sebagian besar warga panik dan berhamburan keluar rumah setelah mengetahui atap rumahnya diterbangkan angin. Tak kurang dari 11 rumah penduduk di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kupang Timur mengalami rusak berat.

Gazperz Fernandez, warga Kelurahan Merdeka mengatakan, semula terdengar bunyi gemuruh yang menakutkan dan beberapa detik kemudian sebagian atap rumah di pemukiman kamp pengungsi Timor Timur diterbangkan angin sejauh 50 meter.

“Saat kejadian sebagian anggota keluarga sudah tidur. Beruntung tidak ada korban jiwa,” kata Fernandez, Kamis 13 Januari 2011.

Sebagaimana hasil pantauan, beberapa rumah yang mengalami kerusakan berat rata tanah. Belum diketahui total kerugian karena tim darurat yang diterjunkan pemerintah masih melakukan pendataan.

Di Kota Kupang, bencana serupa menyebabkan sebuah bangunan kantor Pos dan Giro Kupang roboh akibat tertindih pohon besar yang tumbang. Sementara belasan rumah di Kelurahan Oepura, Kecamatan Maulafa  longsor dan penghuninya terpaksa diungsikan.

Di Maumere Kabupaten Sikka dan Kabupaten Nagekeo, puluhan rumah hanyut tersapu gelombang pasang setinggi lebih dari tiga meter. Jumlah warga yang diungsikan mencapai 500 jiwa.

Wakil Gubernur NTT, Esthon Foenay yang dihubungi wartawan ketika meninjau lokasi tanah longsor di Kelurahan Oepura, Kota Kupang mengatakan, pemerintah akan segera mendistribusikan bantuan bagi warga yang terkena bencana. “Setiap keluarga akan mendapat bantuan 250 kilogram beras dan bahan banagunan,” kata Esthon.

Laporan: Jemris Fointuna| Kupang, umi

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam
Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024