Agar Rumah Anda Bebas dari Tikus

Ruang kerja di rumah
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Tikus memang mengganggu. Gangguannya mulai dari bunyi berisik di plafon rumah, aroma tak sedap, sampai remah-remah sisa makanan yang dibuangnya. Yang lebih berbahaya lagi, kotoran dan penyakit yang disebarkan hewan pengerat ini.

Yang perlu Anda tahu, ruangan yang terjaga bersih meminimalkan serangan tikus di rumah. Sanitasi kurang baik dan sampah dari sisa makanan merupakan penyebab utama tikus bisa ‘bertamu’ ke rumah Anda.

Masalahnya, jika hewan pengganggu ini sudah ‘merajalela’ di rumah Anda, biasanya akan sulit untuk dibasmi. Apalagi, jika Anda menemukan tidak hanya satu tikus yang sering bolak-balik di rumah.

Ada beberapa cara praktis agar tikus hengkang dari rumah, yaitu:
1. Perangkap jebakan
Plus: Model kurungan relatif aman, karena tidak menggunakan bahan kimia beracun. Tikus dan bangkainya juga tidak sulit dicari lantaran berada dalam perangkap.
Minus: Kurungan mudah dipelajari tikus. Jika ada beberapa tikus di rumah, dan hanya satu tikus yang masuk perangkap, biasanya tikus lain tidak akan melewati tempat itu lagi.

2. Umpan racun

Plus: dapat membunuh tikus dalam waktu singkat.
Minus: tikus yang terkontaminasi racun bisa mati di mana saja. Dengan begitu bangkai sulit dideteksi dengan cepat. Baru ketahuan setelah bau bangkai menyengat.

3. Perangkap tikus elektrik.
Plus: prinsip kerjanya sama dengan perangkap biasa, dan tanpa bahan kimia beracun. Hanya, saat masuk ke dalam perangkap, tikus akan mati tersengat listrik. Alat ini bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasonik yang menggangu saraf pendengaran tikus, dan serangga lainnya. Namun, gelombang ini aman bagi manusia dan hewan peliharaan.
Minus: harga cukup mahal

Tips pasang umpan dan perangkap
- Tempatkan di tempat yang sering dilalui tikus. Cirinya lihat kotoran yang ditinggalkan serta remah-remah makanan tercecer.

Mengintip Isi Garasi Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih Prabowo-Gibran

- Pastikan tempat sampah atau sisa makanan lainnya tertutup rapat, sehingga tikus akan langsung ke tempat jebakan.

- Racun belum tentu langsung dimakan. Biarkan selama beberapa hari. Jika tikus memakannya, beri terus hingga tidak dimakan lagi. Dengan begitu rumah pun bebas tikus.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

- Tempatkan racun dalam wadah khusus, misalnya di dalam potongan pipa sehingga tidak dimakan hewan peliharaan.

VIVA Militer: Juru Bicara Hamas Palestina, Abu Ubaida (Abu Obeida)

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Tentara Israel disebut Ubaida belum mencapai keberhasilan apapun.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024