Jenderal Ito: Kasus Gayus Seperti Gurita

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews -- Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri (Kabareskrim), Komisaris Jenderal Ito Sumardi, mendatangi Gedung Kementerian Hukum dan HAM.

"Sekarang koordinasi untuk menghadap Pak Menteri terkait dengan masalah pengembangan penyelidikan kasus Gayus karena ini menyangkut masalah paspor, jadi saya melaporkan pada beliau hal-hal yang sudah kami dapat," kata Kabareskrim, Jumat 14 Januari 2011.

Ito menjelaskan, Polri dan Kementerian Hukum dan HAM bekerja bersama-sama untuk menuntaskan kasus Gayus, khususnya kasus pemalsuan paspor.

Apakah ada petugas imigrasi yang diduga terlibat? "Belum, kamimasih terus berkoordinasi dengan tim internal yang dibentuk Menteri Patrialis Akbar."

Kerjasama sudah berjalan sejak Gayus diketahui ke luar negeri, sejak ditemukan paspor janggal atas nama Sony Laksono yang fotonya mirip Gayus memakai wig dan kaca mata.

"Jadi kami semua bekerja mencari fakta dan keterkaitan. Baru nanti kami akan menentukan siapa yang terlibat, perannya apa dan yang dilanggar. Apakah itu salah kode etik, disiplin, atau pidana," tambah dia.

Rapat hari ini, kata Ito, juga membahas soal kasus mafia pajak yang diduga melibatkan Gayus.  Selain dengan Kementerian Hukum dan HAM, kata Ito, Polri juga menjalin kerja sama dengan KPK, PPATK, dan Dirjen Pajak untuk menguak tuntas kasus ini.  "Karena masalah Gayus ini kan masalah seperti gurita, berkembang ke mana-mana," kata Kabareskrim.

Dengan paspor palsu atas nama Sony Laksono, Gayus diduga pergi ke Macau pada tanggal 22 hingga 24 September 2010. Sementara itu, pada tanggal 30 September 2010 hingga 2 Oktober 2010, Gayus diduga pergi ke Kuala Lumpur dan Singapura dengan paspor atas nama Sony Laksono.

Polri telah menetapkan Gayus sebagai tersangka dalam perkara pemalsuan dokumen paspor identitas palsu tersebut. Gayus diancam Pasal 263 dan 266 KUHP terkait menggunakan dan memalsukan dokumen otentik.

Selain Gayus, polisi menetapkan tiga tersangka lainnya, termasuk seseorang berinisial A yang bertugas memotret Gayus dengan imbalan US$2.500.

Gaya Nyentrik SZA Saat Lebaran,Bikin Heboh Netizen Indonesia: Lah dia Islam?
Kecelakaan pengendara motor akibat ambil jalur kendaraan lain

Pengendara Motor Ini Minta Ganti Rugi Usai Ambil Jalur Mobil hingga Adu Banteng, Netizen Geram

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah rekaman dashcam menunjukkan pengendara motor menabrak sebuah mobil saat sedang melintas. Padahal, motor ambil jalur mobil.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024