Gelombang 6 Meter, Pelayaran NTT Dihentikan

Gelombang besar di Teluk Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews -- Gelombang laut di sebagian besar perairan Nusa Tenggara Timur dilaporkan mencapai enam meter.  Kondisi ini menyebabkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Adminstrator Pelabuhan Tenau, Kupang, mengeluarkan peringatan agar aktivitas seluruh armada pelayaran dihentikan sampai pekan depan.

Manager Operasi PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang, Arnold Yansen, mengakui telah menerima peringatan agar menghentikan pelayaran  seluruh armada feri milik ASDP menuju ke Pulau Rote, Sabu, Flores, Sumba, Alor dan Lembata.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

“Gelombang laut mencapai enam meter sehingga sangat membahayakan keselamatan pelayaran,” kata Yansen, Jumat 14 Januari 2011. 

Menurutnya, penghentian pelayaran kapal feri ke seluruh lintasan akan berlangsung sampai dengan Selasa, 19 Januari mendatang.

Selain gelombang laut yang cukup tinggi, cuaca buruk juga menyebabkan terjadinya puting beliung di Kota Kupang. Sebuah bangunan gedung Gereja Paskuan, Jemaat Imanuel-Kelurahan Nunbaun Delha, ambruk rata tanah dan atapnya diterbangkan angin. Untung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Di Kabupaten Sikka,  gelombang pasang juga  terus menerjang puluhan rumah di Kelurahan Waioti, Talibura dan Nangahale.
Sampai dengan Jumat siang, total  bangunan yang rusak mencapai 132 unit. Sebagian besar bangunan hanyut diterjang gelombang pasang setinggi empat meter.

Pemerintah setempat telah memasang tanggul pemecah ombak disepanjang pantai dibagian utara Flores. “Sudah 132 bangunan yang rusak,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sikka, Heribertus Siku.

Menurutnya, lebih dari 500 warga telah dievakuasi ke lokasi yang aman.

“Pemerintah telah menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan.  Warga diminta untuk tetap bertahan dilokasi pengungsian sampai cuaca kembali normal,” kata Heribertus. Di kamp pengungsi Merdeka Kabupaten Kupang, sebanyak 11 bangunan ambruk diterjang puting beliung.

Laporan: Jemris Fointuna|Kupang

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024