JA, Otak Pembuat Paspor Gayus Diburu Polisi

Gayus Tambunan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Polri masih mencari satu buronan yang terlibat dalam pembuatan paspor atas nama Sony Laksono untuk terdakwa kasus penyuapan kepada penegak hukum, Gayus Tambunan. Buronan ini berinisial JA yang diduga berkewarganegaraan asing (WNA).

"Satu yang kami cari ini memiliki peran besar sehingga Gayus mendapatkan paspor. Aktor intelektual pembuatan paspor," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 14 Januari 2011.

Namun, Boy mengatakan penyidik Polri belum mengetahui kewarganegaraan JA. "Diduga warga negara asing. Belum bisa dipastikan warga negara mana," kata dia.

Semalam, penyidik Mabes Polri telah mengamankan satu buronan lainnya yang berinisial J seorang WNI.

Buronan ini ditangkap di daerah Jakarta Timur. Menurut informasi, J ditangkap di rumahnya di kawasan Utan Kayu. J adalah teman lama dari tersangka berinisial A (mengambil foto Gayus dengan kamera pribadi untuk paspor). J dan A telah kenal sejak 2007. J ini diduga memperkenalkan tersangka dengan JA yang diduga aktor intelektual
pembuatan paspor.

"Penyidik berupaya menggali keterkaitan diantara mereka dan apakah mereka cukup kuat keterlibatannya. Kami menduga mereka satu rangkaian," kata Boy.

Sampai sejauh ini telah ada dua orang yang diamankan, A dan J (WNI). Sementara itu, kawan lama Gayus AG yang memperkenalkan Gayus dengan A masih berstatus saksi. (umi)

Cegah Tragedi Tol Japek KM 58, Contraflow saat Arus Balik Dikawal Safety Car
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad.

Benarkah Raffi Ahmad Adopsi Bayi Lily? Kode "Dia Aku yang Adzanin" Jadi Sorotan

Nama bayi Lily sedang ramai diperbincangkan di kalangan penggemar keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Bayi Lily sendiri disebut-sebut merupakan bayi adopsi

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024