Inflasi Tinggi, DPR Siap Bentuk Panja

Ketua BPK, Harry Azhar Azis
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Inflasi yang mencapai 6,96 persen selama 2010, atau lebih tinggi dari target pemerintah sebesar 5,3 persen berbuntut panjang. Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan meminta tanggung jawab pemerintah dan Bank Indonesia (BI) terkait upaya pengendalian inflasi.

Komisi DPR yang membidangi keuangan dan perbankan itu juga akan membentuk Panitia Kerja (Panja) khusus membahas inflasi.

"Ini sudah dibicarakan pada rapat internal komisi kemarin. Saya berencana menyusun agenda bersama teman-teman. Tapi, persoalannya lebih di sekitar tanggung jawab, pola pembagian tanggung jawab, dan kemudian apa yang disebut reward and punishment," ujar Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Aziz, ketika dihubungi di Jakarta, Jumat, 14 Januari 2011.

Menurut Harry, DPR menilai pemerintah dan BI selama ini tidak terlalu peduli dengan inflasi yang dampaknya sebenarnya telah memakan daya beli masyarakat. Selain itu, DPR memandang pemerintah tidak serius melindungi masyarakat.

"Kalau Anda baca Undang-Undang Dasar itu kan perlu melindungi rakyat. Dan menurut perhitungan kami itu sudah termasuk inflasi. Nah, pembahasan lainnya adalah kesejahteraan," kata Harry.

Namun, dia menambahkan, DPR belum mengetahui bentuk pertanggungjawaban yang bakal diminta dari pemerintah dan BI itu. DPR bisa saja melakukan perubahan aturan yang lebih tegas terkait pengendalian inflasi, baik dalam UU Bank Indonesia maupun UU Keuangan Negara.

Harry mengungkapkan, Panja yang bakal dibentuk nantinya bukanlah tim Panja pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Inflasi. Panja ini dibentuk sebagai upaya pengawasan terhadap program pemerintah, khususnya dalam hal pengendalian inflasi. 

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo yang dimintai tanggapan seputar rencana permintaan pertanggungjawaban sekaligus pembentukan Panja tersebut, sepertinya belum mengetahui adanya rencana tersebut.

Agus justru menjelaskan mengenai rencana pemerintah dan Badan Anggaran DPR untuk meninjau ulang skala berkala terkait anggaran 2011. "Selain itu, bagaimana kita mempersiapkan anggaran tahun 2012," katanya. (sj)

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024