Pengamat: Kalau Dipaksa Terus, RIM Bisa Nakal

BlackBerry Storm
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Inisiatif pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), untuk mendorong Research In Motion (RIM) membangun infrastruktur berupa server di Tanah Air disambut baik oleh banyak pihak.

Salah satunya pengamat teknologi informasi, Budi Rahardjo. Ia menilai penempatan server BlackBerry di Indonesia bisa memudahkan penanganan kasus kejahatan, seperti terorisme dan korupsi. Namun, jika terpaksa pun, pemerintah dapat menempuh mekanisme lawful interception.

"Ini banyak dilakukan untuk memerangi terorisme, narkoba, korupsi, dan hal-hal sejenisnya. Singkatnya, pemerintah - dalam hal ini penyidik yang sudah mendapatkan mandat untuk melakukan penyelidikan kasus tertentu - mendapat ijin dari penyedia jasa untuk mendapatkan data tertentu," kata Budi,  Minggu 16 Januari 2011.

Namun, Budi tidak sepenuhnya sepakat dengan apa yang dilakukan pemerintah. "Kalau tujuannya adalah untuk lawful interception, saya dukung. Tapi, kalau untuk unlawful interception, masak yang kayak gitu harus kita dukung?"

Dia masih mentolerir masalah keamanan dan penciptaan lapangan kerja sebagai pemicu RIM untuk memboyong server ke Indonesia. "Saya juga tidak sepakat dengan metoda pemaksaan pemerintah terhadap RIM. Kalau dipaksa terus, maka bisa saja mereka nakal. Misalnya, RIM hanya menyewa 1 rak saja di sebuah data center, dan isinya hanya router yang meneruskan traffic ke Kanada," tukas Budi.

"Atau, RIM membuat server yang isinya tidak penting sama sekali. Jadi, sekadar memenuhi syarat administratif saja, yakni mempunyai server. Toh, di Indonesia tidak ada aturan yang mengatur isi server harus ada apa saja," imbuhnya.

Menurut Budi, daripada membuat RIM gusar dan tidak nyaman, ada baiknya jika vendor BlackBerry asal Kanada itu diajak bekerja sama untuk meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. "Kalau RIM harus memasang server di Indonesia, kita bisa kebagian bisnisnya, kebagian ilmunya, kebagian lainnya. Walaupun, sebenarnya tanpa mereka kita tidak akan mati kok," ucapnya.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Manchester City

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Duel Brighton vs Manchester City dalam laga tunda Premier League matchday ke 29 di Stadion American Express, Jumat 26 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024