17 Januari 1995

Tragedi Gempa di Kobe, Ribuan Orang Tewas

Akibat Gempa Bumi di Kobe, Jepang 17 Januari 1995
Sumber :
  • nwprogressive.org

VIVAnews - Pada 16 tahun yang lalu, gempa bumi dahsyat mengguncang kota pelabuhan Kobe di selatan Jepang dan merenggut nyawa ribuan orang. 

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Menurut stasiun berita BBC, gempa berkekuatan 7,2 pada Skala Richter (SR) itu adalah yang terbesar di Jepang dalam kurun 47 tahun. Total korban tewas akibat gempa tercatat 6.433 orang, 27.000 orang lainnya terluka, dan lebih dari 45.000 rumah hancur.

Jepang merupakan salah satu negara di dunia yang kerap dilanda gempa. Bencana Kobe merupakan salah satu gempa terparah yang pernah menimpa Jepang.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Hanya dalam waktu 20 detik, kota berpenduduk 1,5 juta jiwa tersebut luluh lantak. Ribuan gedung, apartemen, rumah, dan jalan layang di kota tersebut hancur. Sejumlah kereta api keluar dari jalurnya dan aliran listrik kota terputus di sejumlah tempat.

Getaran gempa juga dirasakan hingga ke kota Osaka dan Kyoto.
Total kerugian akibat gempa Kobe mencapai 100 miliar dolar. Lebih dari 50 ribu orang penduduk Kobe pindah ke kota lain pasca terjadinya gempa.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia
Satgas pangan polri

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Tim Satgas Pangan Polri menyarankan agar pasar murah digalakkan di Kalimantan Tengah untuk menjaga stabilisasi harga dan stok bahan pokok penting selama puasa dan lebaran

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024