Bentuk Tubuh Ideal dengan Main Sepakbola

Wanita Main Bola
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Bermain sepakbola ternyata bisa membantu kaum wanita mendapatkan bentuk tubuh ideal, sehat dan bugar. Bahkan, menurut penelitian, manfaat olahraga ini masih lebih besar dibandingkan berlari.

Penelitian terhadap manfaat permainan ini bagi wanita dilakukan Associate Professor Peter Krustrup dari University of Copenhagen. Studi dilakukan karena banyak wanita mengeluh, karena kesulitan mendapatkan olahraga yang cocok dengan kehidupan mereka. Terutama, ketika aktivitas sehari-hari begitu menyita waktu sehingga seakan-akan tidak punya kesempatan menyehatkan badan.

Penelitian ini dilakukan sekitar dua tahun terhadap 100 wanita pramenopause yang tak terlatih. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni  sepakbola, berlari, dan kelompok kontrol, dikutip dari laman Times Of India.

Hasil penelitian menunjukkan interaksi sosial dan kesenangan yang didapat dengan bermain bola, akan membuat mereka terus melakukannya secara reguler dibandingkan olahraga lari. Walaupun memang berlari merupakan salah satu olahraga paling fleksibel.

"Yang sangat menarik adalah motivasi bermain sepak bola berbeda dari pelari," kata Profesor Laila Ottesen.

Profesor Laila Ottesen melanjutkan, "Para pelari termotivasi oleh ide untuk meningkatkan kesehatan. Tapi para pemain sepakbola terfokus pada permainan itu sendiri dan termotivasi oleh interaksi sosial dan bersenang-senang dengan orang lain.”

Kombinasi antara interaksi sosial, kesenangan, dan gerak badan yang didapat dari bermain sepak bola inilah yang dikatakan lebih baik dari hanya berlari.

Penelitian juga menunjukkan bahwa para pemain sepakbola menunjukan paling banyak keuntungan. "Saat bermain sepakbola, para wanita memiliki denyut jantung tinggi dan melakukan banyak sprint, menendang dan menangani, membuat sepakbola sebagai integrasi efektif baik untuk kedua cardio dan latihan kekuatan," kata Professor Peter Krustrup.

"Studi kami menunjukan, 16 minggu berolahraga sepakbola terjadi peningkatan dalam pengambilan oksigen maksimal, massa otot dan kegiatan fisik, termasuk daya tahan tubuh. Ini membuat sepakbola menjadi pilihan latihan yang menguntungkan bagi wanita. Dalam dekade terakhir, kami melihat peningkatan signifikan wanita bermain bola. Tampaknya seakan-akan wanita sudah mulai ambil bagian dalam olahraga inidan membuatnya sebagai permainan populer.” (pet)

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024
Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan buka suara soal penyerahan berkas kesimpulan yang diberikan oleh Tim Hukum Nasional Amin ke Mahkamah Konstitusi (MK) Selasa

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024