Kemenkeu:

Peringkat Utang Naik, Spesial buat Indonesia

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah meyakini investor asing akan mempertahankan investasinya di Indonesia seiring dengan keputusan lembaga pemeringkat Moody's Investors Service yang menaikkan rating utang pemerintah pada level Ba1 dari sebelumnya Ba2.

"Upgrade dari Moody's sangat spesial bagi Indonesia karena diberikan kepada suatu negara di tengah situasi dimana bayak negara di berbagai kawasan sedang mengalami masa sulit," ujar Dirjen Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Rahmat Waluyanto dalam pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Senin, 17 Januari 2011.

Rahmat yakin keputusan Moody's itu akan akan menambah kepercayaan investor, khususnya asing, untuk bertahan di Indonesia. "Upgrade dari Moody's ini akan mendorong rating agencies lainnya untuk segera menaikkan rating Indonesia," katanya.

Dengan kenaikan rating, Kemenkeu juga melihat akan ada dampak terhadap utang yang semakin baik dalam hal memperbaiki profil biaya dan risiko. Dengan begitu biaya utang akan semakin rendah dan risiko refinancing rendah karena minat beli investor akan mengarah ke Sertifikat Berharga Negara (SBN) jangka panjang.

Namun Rahmat juga memperhatikan catatan Moody's yang menyataan non-resident holdings perlu diwaspadai. Untuk itu, pemerintah telah membuat upaya antisipasi seperti meningkatkan peran investor domestik, serta diversifikasi instrumen investasi.

Langkah lain adalah menjaga stabilitas pasar dengan pembetukan bond stabilization fund, serta meningkatkan koordinasi dengan berbagai otoritas moneter dan pasar modal.

"Jadi dampaknya sangat positif, dana asing semakin banyak masuk ke Indonesia untuk investasi baik di pasar modal termasuk pasar SBN, juga terutama Foreign Direct Investment," katanya.

Sebagai catatan, Moody's hari ini mengeluarkan laporan yang diantaranya berisi keputusan menaikan peringkat Indonesia's sovereign ratings to Ba1 dengan outlook stabil.

Keputusan lembaga pemeringkat tersebut dilakukan melalui pengkajian mendalam yang diinisiasi sejak 1 Desember 2010.

Keputusan Moody's menaikan peringkat surat utang pemerintah dikarenakan ketahanan ekonomi Indonesia dapat dilakukan dengan baik seiring keseimbangan makro ekonomi. Posisi utang Indonesia dan cadangan devisa di Bank Indonesia juga dinilai mengalami peningkatkan.

Moody's juga menilai prospek investasi langsung dari investor asing meningkat dan hal ini diharapkan membuat posisi Indonesia secara eksternal dan otlook ekonomi menjadi baik.

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?
Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024