Balkon Rumah, Bukan Cuma Hiasan

ilustrasi bangunan dengan fungsi balkon
Sumber :
  • Villagevoice.com

VIVAnews - Belakangan ini rumah tinggal bukan lagi tampil kering tanpa aksen apa pun. Salah satu penambahan penting dalam sebuah bangunan rumah adalah balkon.

Bila dahulu balkon hanya sebagai 'penghias' bangunan megah, kini dapat dengan mudah ditemukan pada rumah atau bangunan berlantai dua atau lebih. Balkon juga dianggap sebagai salah satu solusi desain rumah masa kini.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Seperti dikutip dari homeandgardeneasy.com, biasanya balkon didesain untuk kapasitas tertentu. Perlu diperhatikan juga kekuatan balkon karena menyangkut unsur keselamatan sang penghuni.

Selain untuk menopang bobot manusia serta pergerakannya, balkon juga harus didesain mampu menyangga beberapa perabotan sederhana seperti bangku dan meja kecil.

Fungsi balkon kini juga berubah, beberapa mengganggap bahwa hadirnya 'ruangan' ini sebagai bagian perluasan rumah khususnya di bagian atas.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Ruangan balkon yang memiliki pandangan luas ke areal sekitar luar rumah berfungsi juga sebagai tempat untuk rehat sejenak minum kopi atau menyeruput teh kala senja menjelang.

Balkon juga punya fungsi psikologi, sebagai tempat berinteraksi antar anggota keluarga sambil bercengkrama.

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba

Nilai artistik lain dari balkon adalah sebagai penegaskan sebuah ketinggian rumah, terutama untuk rumah yang tidak terlalu tinggi jaraknya antara lantai pertama dengan lantai kedua.

Bentuknya yang menonjol dan cenderung 'keluar' selain mempercantik bangunan secara keseluruhan juga berfungsi ganda sebagai peneduh kala hujan datang atau saat terik menyengat. (adi)













Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024