5 Jenis Pajak Paling Banyak Putusan Banding

Wajib Pajak
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Jenis pajak bea masuk tercatat sebagai kasus pajak yang paling banyak dilakukan banding selama 2009, yaitu berjumlah 1.781 putusan. Sementara itu, total putusan yang dikeluarkan Pengadilan Pajak pada tahun itu mencapai 4.650 putusan, dengan rincian 4.163 banding dan 487 gugatan.

Berdasarkan data Tax Court Media Edisi 20, Maret 2010 yang diliris Pengadilan Pajak disebutkan, terdapat lima jenis pajak yang banyak menghasilkan putusan banding selama 2009 yaitu bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan (PPh) badan, PPh pasal 23, dan PPh pasal 21.

Bea masuk adalah bea yang dikenakan atas barang yang dimasukkan ke dalam daerah pabean dan diperlakukan sebagai barang impor.

Sementara itu, jenis PPN menempati urutan kedua yang paling banyak putusan bandingnya. Jumlahnya mencapai 1.192 putusan. PPN adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen.

Selanjutnya, PPh badan sebanyak 469 putusan banding. PPh badan adalah pajak atas penghasilan yang diterima atau diperoleh wajib pajak badan (badan usaha) dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apapun.

Jenis pajak lain yang juga banyak ditangani oleh Pengadilan Pajak ialah jenis PPh pasal 23 sebanyak 222 putusan.

PPh pasal 23 adalah pajak yang dipotong atas penghasilan yang berasal dari modal, penyerahan jasa atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh pasal 21.

Kemudian, di urutan kelima yakni PPh Pasal 21 sebanyak 145 putusan banding. PPh Pasal 21 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain yang diterima atau diperoleh wajib pajak orang pribadi dalam negeri sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa, dan kegiatan. (art)

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi tidur.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidur telanjang tidak hanya membuat seseorang merasa nyaman dengan diri sendiri, tetapi juga menghasilkan tidur yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024