Paspor Gayus Diklarifikasi ke Kedubes Guyana

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews -- Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pemalsuan paspor Gayus Tambunan dilakukan oleh sindikat internasional.

"Ini sindikat internasional, karena yang membuat melibatkan orang asing dan paspor yang dibuat paspor negara luar," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Saat ini, Polri masih terus memburu John Jerome Grice, otak pemalsuan paspor atas nama Sony Laksono. Grice yang berpaspor Amerika Serikat itu diduga telah kabur ke sebuah negara di kawasan Asia.

Tak hanya membuatkan Gayus paspor Indonesia atas nama Sony Laksono. Grice juga diduga telah membuatkan paspor Republik  Guyana atas nama Yosep Morris untuk Gayus Tambunan. Dugaan itu muncul setelah dalam pemeriksaan email yang dikirimkan Grice kepada tersangka Ari, yang bertugas mengambil foto Gayus untuk paspor.

"Jadi di dalam email itu kita menduga adanya  paspor negara asing, tapi di situ ada foto Gayus," kata Boy.

Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei
1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Selain itu, juga ditemukan paspor dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraini. Paspor itu atas nama Ann Morris dengan nomor
paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6
Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.

Boy mengaku tak mengetahui apakah pembuatan paspor itu sebagai upaya Grice menawari Gayus dengan kewarganegaraan baru. "Kita belum tahu, tapi ada berita yang mengabarkan seolah-olah paspor ini, Republic  of Guyana, ini didalam email John Jerome Grice yang dikirimkan kepada saudara  Arie. Jadi kita duga fotonya mirip Gayus," kata dia.

Namun demikian, Polri sendiri belum melakukan konfirmasi kebenaran paspor itu, karena baru ditemukan tadi malam. Selain itu, Polri juga masih berupaya mendapatkan klarifikasi dari kedutaan Guyana di Indonesia.

"Ini kan ada nomor paspor, nomor paspor ini  akan dilakuakn pengecekan sedang berjalan," kata dia. (umi)

Hasil Pertandingan Persik Kediri Vs PSS Sleman, 8 Gol dan 1 Kartu Merah
Wakil Menteri Rertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov ditangkap atas kas

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Wakil Menteri Pertahanan dan pihak militer Rusia Timur Ivanov telah ditangkap karena dicurigai menerima suap, kata pejabat investigasi negara. Penahanan tingkat tinggi in

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024