Gayus Hanya Akui Paspor Sony Laksono

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews - Polri menemukan paspor negara Republik Guyana dengan foto mirip Gayus Tambunan dan sang istri, Milana Anggraeini. Paspor itu dibantah Gayus.

"Saya sudah bicara dengan Gayus dan istrinya, kata mereka tidak ada paspor seperti itu," kata juru bicara pengacara Gayus, Dion Pongkor, saat dihubungi VIVAnews, Rabu 19 Januari 2011.

Menurut Dion, kliennya itu hanya mengakui memiliki paspor atas nama Sony Laksono. Dengan paspor itu, Gayus dapat bepergian ke Hongkong, China, Singapura, dan Malaysia. "Mereka tidak mengakui paspor Guyana itu, yang ada paspor yang kemarin itu saja," ujarnya.

Dion pun mempersilakan polisi untuk menelusuri paspor Guyana itu. "Kalau polisi memiliki bukti, silakan telusuri," ujarnya.

Paspor Guyana itu ditemukan polisi saat menelusuri percakapan email milik otak pemalsu paspor atas nama Sony Laksono milik Gayus Tambunan.

"Ada berita yang mengabarkan bahwa paspor Republic of Guyana ini ada dalam email Grice (John Jerome/buron) kepada Ari yang kami duga mirip Gayus," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Paspor dengan foto mirip Gayus itu atas nama Yosep Morris. Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Tak hanya paspor mirip Gayus, penyidik Polri juga menemukan paspor asing dari negara Guyana dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraeini. Paspor mirip Milana itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.

Namun demikian, Polri belum melakukan konfirmasi temuan paspor itu kepada Gayus maupun Milana karena baru ditemukan semalam. Namun demikian, Polri mengakui foto itu mirip Gayus dan Milana. "Kami perlu pendalaman, tapi kami duga ini mirip Gayus," kata Boy.

Polri menduga, paspor ini dibuat setelah paspor Gayus atas nama Sony Laksono yang digunakan Gayus bepergian ke beberapa negara. Jika paspor Sony Laksono dibuat antara Juni sampai Juli 2010, Paspor atas nama Yosep Morris ini dibuan antara Juli hingga Agustus 2010. "Dalam bulan Juli hingga Agustus," kata dia.

Atas paspor itu, Polri juga telah mengkonfirmasi ke Kedutaan Guyana yang berada di Jakarta. "Sedang berjalan, belum ada jawaban," kata dia.

Inggris, AS Berikan Sanksi pada Tokoh Militer Terkemuka Iran Usai Serangan Terhadap Israel
Ilustrasi cadangan devisa, utang luar negeri, modal asing, dan devisa hasil ekspor.

Utang Luar Negeri RI Februari 2024 Naik Jadi US$407,3 MIliar, Ini Penyebabnya

Bank Indonesia (BI) mencatat, Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Februari 2024 sebesar US$407,3 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan US$1,6 miliar dari Januari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024