Investor Masih Buru Saham Tambang

Tambang batu bara
Sumber :
  • www.warwick.ac.uk

VIVAnews - Saham-saham sektor komoditas, terutama industri tambang sepertinya masih diakumulasi investor pada perdagangan hari ini, Rabu 19 Januari 2011 pasar saham di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurut Ukie Jaya Mahendra, analis dari Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI), saham-saham tambang seperti PT Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) masih menarik niat beli pelaku pasar, karena harga komoditas batu bara diprediksi bakal menembus level tertingginya dalam waktu dekat.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

"Bisa tembus di level US$197 per metrik ton dalam waktu dekat," kata dia kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Seperti diketahui, indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI ditutup menguat 12,92 poin (0,36 persen) ke level 3.548,65 pada transaksi kemarin, Selasa 18 Januari 2011. Di mana sektor tambang tercatat pengontribusi terbesar pergerakan positif indeks, dengan kenaikan 60,13 poin atau 1,82 persen ke 3.359,65.

Gina Novrina Nasution, pengamat pasar modal juga berpendapat, berkurangnya pasokan batu bara dunia akibat bencana banjir di Australia memberikan sentimen positif terhadap saham-saham industri batu bara di Indonesia.

Harga batu bara yang saat ini mencapai US$136,30 per metrik ton berdasarkan harga mingguan di Newcastle dari pekan sebelumnya di level US$129. Adapun harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) juga mengalami tren naik sebesar US$1.200 per ton.

Saham yang direkomendasikan antara lain PT Bukit Asam Tbk (PTBA), BUMI, ITMG, PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk (BRON), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Kendati demikian, Ukie maupun Gina masih menyarankan para pemodal tetap melirik saham-saham sektor perbankan seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), dan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR).

Sebab, harganya sudah terdiskon banyak, sehingga saham-saham bank berpeluang mengalami pembalikan arah menguat. Selain itu, pertumbuhan kredit konsumtif dan kredit usaha kecil dan menengah (UKM) masih kuat.

Gerakan olahraga russian twist

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Round-up kanal Lifestyle pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang deretan olahraga ringan yang bisa dilakukan setelah lebaran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024