Kapolri: Tak Ada Pengusaha HS Biayai Gayus

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews -- Kapolri, Jenderal Timur Pradopo mengatakan tak ada pengusaha HS yang membiayai Gayus Tambunan untuk membuat paspor yang digunakan ke luar negeri. Keterangan ini berbeda dengan pernyataan sebelumnya.

"Nggak ada, saya sudah tanya ke Kabareskrim nggak ada," kata Timur usai memimpin Rapim Polri di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Rabu 19 Januari 2011.

Padahal, Senin 17 Januari kemarin, Timur mengatakan, pengusaha HS diduga memberikan uang kepada Gayus untuk membuat paspor. "Kalau pengakuan Gayus, untuk membiayai paspor Gayus ke luar negeri," kata Timur di kantor Presiden, Senin lalu.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar saat dikonfirmasi perbedaan pernyataan Timur mengatakan dalam pemeriksaan Gayus memberikan keterangan yang berubah-ubah. "Mungkin beliau mendengar keterangan Gayus yang suka berubah itu," kata Boy.

Sebagaimana diketahui, Gayus diduga menggunakan paspor palsu atas nama Sony Laksono untuk pergi ke beberapa negara. Gayus diduga menggunakan jasa sindikat pemalsu paspor internasional untuk membuat paspor itu.

Polri menduga, otak pemalsu paspor Gayus itu adalah John Jerome Grice, warga Amerika Serikat yang kini telah kabur ke salah satu negara di kawasan Asia. Untuk membuat paspor itu, Gayus diduga harus membayar US$100 ribu.

Tak hanya paspor atas nama Sony Laksono. Buronan ini diduga juga membuatkan paspor berkewarganegaraan Guyana kepada Gayus, istri Gayus, Milana Anggraini dan anaknya.

Dalam paspor itu, orang yang fotonya mirip Gayus menggunakan nama Yosep Morris, sedangkan seorang perempuan mirip dengan Milana menggunakan nama Ann Morris.

Usai sidang Gayus mengungkapkan beberapa testimoni dalam kasusnya. Termasuk soal paspor dan sosok bernama John Jerome Grice. "John Grice adalah agen CIA dan diketahui oleh Satgas," kata Gayus usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011. (umi)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024