Mengapa Baru Sekarang Gayus Sebut CIA?

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews - Terdakwa kasus mafia pajak, Gayus Tambunan menyebut paspor palsu yang dimilikinya dibuat oleh John Jerome Grice yang merupakan agen CIA dan diketahui Satgas.

Pengacara Gayus, Adnan Buyung Nasution mengatakan, ada alasan mengapa kliennya menyebut soal agen CIA saat ini. Kata dia, itu buntut kasus paspor palsu.

"Itu (paspor Guyana 'Gayus') kenapa dikeluarinnya sekarang? Itu permainan intelijen yang kotor," kata Adnan Buyung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011

Kata Buyung, soal paspor palsu sengaja dibuat untuk memperlihatkan bahwa Gayus adalah penjahat besar. "Digambarkanlah itu Gayus bikin paspor palsu," kata Buyung,

Menurut Buyung, Gayus sama sekali tidak mengetahui keberadaan paspor tersebut. " Itu bisa dibikin kok. Gampang sekali," ucapnya.

Selain paspor atas nama Sony Laksono, John Jerome Grice membuatkan paspor berkewarganegaraan Guyana untuk Gayus, istri Gayus, Milana Anggraieni dan anaknya. Dalam paspor itu, orang yang fotonya mirip Gayus menggunakan nama Yosep Morris, sedangkan seorang perempuan mirip dengan Milana menggunakan nama Ann Morris.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta menolak menanggapi klaim Gayus. “Kami tidak bisa memberikan komentar mengenai setiap individu Amerika Serikat tanpa izin,” ujar Atase Pers Kedubes AS di Jakarta, Paul Belmont, ketika dihubungi VIVAnews.com.

Sementara, Markas Besar Polri  mengaku belum menerima informasi yang menyebutkan bahwa salah satu tersangka yang juga buron paspor Gayus Tambunan, John Jerome Grice, merupakan agen intelijen Amerika Serikat.

"Agen CIA, kami belum dapat informasi yang jelas mengenai hal itu. Kami masih lakukan penyelidikan melalui interpol," kata Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011. (umi)

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat Bimtek Anggota DPRD se-Banten-DKI Jakarta

Bagi Mardani Ali Sera, PKS Harus Oposisi: Kita Beda dengan 02, Landasan Berpikir dan Asumsinya

Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, siap untuk berada pada 2 posisi di pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, yakni oposisi atau koalisi. Mana yang baik?

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024