Kapolri: Belum Ada Kaitan John Grice Agen CIA

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Markas Besar Polri belum menemukan keterkaitan pemalsu paspor Gayus Tambunan, John Jerome Grice, dengan intelijen Amerika Serikat (CIA). Saat ini, status John Grice masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang.

"Sejauh ini penyelidikan Polri belum menemukan ada indikasi terkait dengan CIA," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis 20 Januari 2011.

Sebelumnya, seusai menerima vonis tujuh tahun dari majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Gayus menyebut Grice yang telah membuatkan paspor palsu untuknya adalah seorang agen CIA. Grice, kata Gayus, bekerja dengan sepengetahuan salah satu anggota Satgas. "John Jerome sampai saat ini kan masih buron," kata Timur.

Sementara, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ito Sumardi mengatakan, dugaan John Grice sebagai anggota CIA itu baru semata-mata pengakuan Gayus.

"Sekarang apa kaitannya dengan masalah ini? Yang kita bicarakan sekarang adalah masalah hukum. Kemudian mengenai pernyataan, harus bisa dipertanggungjawbkan," tanya Ito di tempat yang sama.

Bagi Ito, Polri akan bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Polri belum bisa memastikan apakah Grice adalah agen CIA.

"Apakah betul? Mungkin kami yang polisi juga tidak bisa mengatakan bahwa itu merupakan sesuatu yang sudah pasti benar," jelas Ito.

Terkait pernyataan Gayus ini, anggota Satgas, Mas Achmad Santosa telah membantahnya. Pria yang akrab disapa Ota ini menyatakan tak mengenal sosok Grice sama sekali.

Grice yang berkewarganegaraan Amerika ini diduga telah membuatkan paspor atas nama Sony Laksono untuk Gayus. Selain itu, dia diduga membuatkan Gayus, istri Gayus Milana Anggraeini dan anak Gayus paspor negara Republik Guyana. Saat ini, Grice diduga telah kabur di sebuah negara di Asia.

Penyidik menemukan paspor dari negara Guyana dengan foto mirip Gayus dan Milana. Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012. Tak hanya itu, paspor dan akta kelahiran tiga anak Gayus dari negara itu juga sudah dikantungi penyidik. (umi)

Timnas Qatar U-23 Menangis Usai Dihajar Jepang Perempat Final Piala Asia U-23 2024
Ilustrasi tidur.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tidur telanjang tidak hanya membuat seseorang merasa nyaman dengan diri sendiri, tetapi juga menghasilkan tidur yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024