TNI Imbau BIN Tangani 'Agen CIA' Gayus

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews - Markas Besar TNI siap membantu Polri memburu buronan kasus pemalsuan paspor John Jerome Grice, yang disebut terdakwa penggelapan pajak Gayus Tambunan sebagai agen intelijen Amerika Serikat (CIA). TNI menyarankan Badan Intelijen Negara turun tangan.

"Kalau kami melihat counterpart (mitra sejajar) CIA adalah BIN. Seyogyanya diselesaikan BIN," kata Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis 20 Januari 2010.

TNI sendiri, kata Agus, masih dalam posisi menunggu kebenaran informasi yang dilontarkan Gayus itu. Selain itu, TNI tidak ingin gegabah dalam menghadapi gurita kasus Gayus Tambunan.

"Reaksi kami menunggu. Masih dikonfirmasi antara kebenaran yang disampaikan apakah benar atau masih mengarang," ujar mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Prinsipnya, TNI bertugas untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Operasi intelijen yang dilakukan TNI dalam kapasitas mendukung operasi TNI. "Apakah akan meruntuhkan NKRI, kami akan bersikap. Kalau tidak, ya, tidak," ungkap Agus.

Rencananya, pekan depan Komisi I bidang Pertahanan DPR, akan mengundang Badan Intelijen Negara. Undang itu salah satunya untuk membicarakan pernyataan Gayus yang menyebut Grice adalah agen CIA. (umi)

Viral Fortuner Pelat Polri Ugal-ugalan, 2 Pemuda Tanggung Biadab Cekoki Lalu Perkosa Siswi SMP
Penandatanganan Nota Kesepahaman OJK dan MUI (dok: OJK)

OJK dan MUI Sepakat Perkuat Sektor Jasa Keuangan Syariah hingga Perlindungan Konsumen

OJK dan MUI melakukan penandatanganan nota kesepahaman, dalam rangka pengembangan dan penguatan sektor jasa keuangan syariah di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024