Paspor Gayus Asal Guyana Asli, Menteri Kaget

Paspor Guyana dengan foto Gayus Tambunan
Sumber :
  • asianartist.com

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengaku kaget saat diinformasikan kepolisian bahwa paspor asal Guyana yang diduga milik Gayus Tambunan adalah asli. Kementerian Hukum dan HAM pun terus berkoordinasi dengan kepolisian.

"Begitu diberitahu, kaget juga kami. Kalau dibilang asli ya mungkin saja iya," kata Patrialis Akbar kepada wartawan di kantornya, Jumat 21 Januari 2011.

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Ito Sumardi mengatakan tim penyidik sudah berangkat ke Guyana untuk mengusut keaslian paspor lebih lanjut. Penelitian sementara tim ahli IT menyebutkan paspor itu asli.

Menurut Patrialis, kepolisian yang paling tahu mengenai paspor Gayus asal Guyana tersebut. Penyidikan kepolisian mengenai kasus ini pun jauh lebih maju dibandingkan keimigrasian.

Kementerian Hukum dan HAM, lanjut Patrialis, memang dilibatkan dalam pengusutan. "Tapi, kami tidak ikut ke Guyana karena kami percaya polisi punya keahlian."

Sebagai bekal, sambungnya, Kementerian sudah memberikan petunjuk kepada penyidik yang berangkat mengenai spesifikasi paspor buatan Indonesia. "Nanti, kami tinggal tunggu hasilnya dari polisi," tambahnya.

Selain paspor palsu atas nama Sony Laksono, polisi juga menemukan adanya paspor Guyana atas nama Yosep Moris. Di paspor asli tapi palsu itu, tertera foto Gayus Tambunan dengan tanggal lahir 9 Mei 1979, bernomor 1209595, dan masa berlaku 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Penyidik Polri juga menemukan paspor Guyana lain dengan foto Milana Anggraieni yang menggunakan nama Ann Morris, bernomor 1209191, tanggal lahir 6 Februari 1979, dan berlaku mulai 18 Juli 2007. Ada juga paspor dan akta kelahiran milik tiga anak Gayus.

Kepolisian menduga paspor ini dibuat oleh John Jerome Grice, seorang warga negara Amerika Serikat yang kini buron. (umi)

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami
Kebakaran besar melanda Toko frame atau bingkai di Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel) Kamis 18 April 2024 malam.

Kondisi Mengenaskan 5 Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Jakarta Selatan

"5 korban rata-rata luka bakar ada di kepala, tangan, dan kaki. Setelah kita evakuasi langsung kita larikan ke RSUD Mampang Prapatan," ujar Kompol David Kanitero.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024