Ayam Kalasan, Lezatnya Sampai ke Tulang

Ayam Kalasan
Sumber :
  • Berita Jakarta

VIVAnews - Bagi penggemar ayam goreng, sebaiknya jangan melewatkan kenikmatan ayam goreng Kalasan Bu Yetti. Kedai yang berlokasi di pusat wisata kuliner di Jalan Melur, Koja, Jakarta Utara ini tak pernah sepi pengunjung.

Ayam goreng Kalasan sebagai menu utama sangat populer di kalangan pelanggan. Tak hanya daging ayamnya yang lembut, tapi tulangnya yang lunak dipadu dengan bumbu sambal kecap juga mejadikan masakan ini sebagai idola. "Bumbu sambal kecapnya terasa banget di lidah," ujar salah seorang pelanggan.

Berbeda dari ayam goreng lain yang diolah hingga garing, ayam goreng Kalasan Bu Yetty justru bertekstur basah karena dilumuri kecap manis. Selain keunggulan pada rasa, cara penyajiannya pun menggoda selera, karena lengkap dengan beragam sayur serta lalapan segar.

Pemilik kedai, Bu Yetti, mengaku dalam sehari mampu menggoreng sedikitnya 10 hingga 15 ekor ayam buras, dan selalu habis terjual. Harga ayam goreng ini cukup terjangkau bagi semua kalangan. Cukup mengeluarkan Rp12.000, Anda sudah bisa menyantap seporsi ayam goreng Kalasan yang nikmat. "Dagangan saya selalu habis," ujarnya, seperti dikutip dari laman Berita Jakarta.

Saat ditanya mengenai cara pembuatan serta bumbu menu makanan andalan ini, ternyata Yetti mau memberikan sedikit bocoran. Menurutnya kombinasi bumbu dan cara pembuatan menjadi kunci dalam menciptakan makanan yang lezat.

Pertama-tama sebelum digoreng, lanjut Yetti, daging ayam dilumuri dengan air jeruk nipis dan bawang putih hingga rata. Langkah ini dilakukan agar bau amis pada daging hilang. Bersamaan dengan itu, rebus air kelapa yang dicampur dengan bumbu halus, daun salam, gula serta kecap manis. "Setelah mendidih, masukan ayam yang telah dilumuri jeruk sampai airnya kering," katanya.

Setelah itu, ayam yang telah direbus lalu digoreng. "Setelah matang, disajikan dengan lalapan, seperti tomat, mentimun dan sayuran," ujarnya membeberkan resep andalannya.

Selain karena kelezatan dari ayam goreng kalasan, suasana di kedai ini juga cukup nyaman. Pelanggan bisa makan dengan santai. Terlebih di lokasi tersebut juga disediakan fasilitas internet gratis.

Kata Shin Tae-yong Usai Justin Hubner Tak Diizinkan Cerezo Osaka Gabung Timnas Indonesia U-23
Rizky Febian dan Mahalini.

Terungkap Suvenir Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, Siapkan Ribuan Barang Mewah

Hari bahagia Rizky Febian dan Mahalini Raharja semakin dekat. Berbagai persiapan pun sudah terpenuhi hampir 100 persen dengan sempurna, mulai dari rangkaian jelang nikah.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024