Kapolri: Edmon dan Erizman Masih Diproses

Mabes Polri Gelar Konferensi Pers Tanggapi Susno Duadji : Raja E Rizman
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Markas Besar Polri mengatakan sudah memberi sanksi kepada anggotanya yang terlibat dalam gurita kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Termasuk dua jenderal bintang satu, Raja Erizman dan Edmon Ilyas.

"Brigjen Edmond Ilyas dan Brigjen Raja Erizman masih dalam proses penjatuhan hukuman dan kode etik disiplin Polri," kata Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dalam rapat kerja dengan Komisi III bidang Hukum DPR, gedung parlemen, Jakarta, Senin 24 Januari 2011.

Saat kasus Gayus ditangani, dua jenderal bintang satu itu adalah mantan Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Pol Edmon Ilyas dan Brigjen Pol Raja Erizman. Keduanya kini menjabat sebagai staf ahli kapolri.

Mutasi Edmon Ilyas dan Raja Erizman itu tertuang dalam Surat Telegram Rahasia bernomor STR/773/IX/2010. Surat ditandatangani Asisten SDM Mabes Polri Inspektur Jenderal Edy Sunarno itu tertanggal 28 September 2010.

Dalam persidangan kasus Gayus Tambunan, Edmon Ilyas membantah perintah membuka rekening Gayus Tambunan itu datang dari dirinya.

"Siapa yang ajukan permohonan pembukaan blokir rekening?" kata Ketua Majelis Hakim Haswandi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 26 Agustus 2010. Edmon menjawab, "Direktur pengganti kami, Pak Raja." Raja yang dimaksud Edmon adalah Brigadir Jenderal Polisi Raja Erizman.

Raja Erizman sendiri sudah membantah keras soal pembukaan blokir rekening ini. Bantahan ini sudah disampaikan Erizman sejak kasus ini dibongkar Susno Duadji.

Selain Raja Erizman dan Edmon, anggota Polri yang masih menunggu proses hukum dan kode etik kepolisian yakni, Komisaris Besar Polisi Pambudi Pamungkas, Ajun Komisaris Besar Polisi Mardiyana, Komisaris Besar Polisi Eko dan Ajun Komisaris Polisi Sri Sumartini.

"Untuk Kompol Arafat Enanie sudah ada putusan vonis Pengadilan Negeri Jakarta Selatan lima tahun penjara. Putusan sidang kode etik Polri, diberhentikan tidak hormat," ujar Timur menambahkan.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!
Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024