Daftar Pertemuan Satgas dan Gayus

Gayus Tambunan menjalani sidang Pledoi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum membantah pernyataan anggota Komisi III bidang Hukum DPR, Ahmad Yani. Dalam rapat kerja dengan Polri, Senin 24 Januari 2011, Ahmad Yani menyatakan Satgas bertemu Gayus tiga kali, selama 68 kali keluar masuk tananan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Satgas menegaskan pihaknya selalu melakukan pertemuan resmi dengan Gayus. Dalam rilis diterima VIVAnews.com,  Satgas menjelaskan rincian waktu pertemuan Satgas dengan Gayus.

Setelah Gayus berstatus tahanan, Satgas bertemu dua kali dengan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu. Pertama, pertemuan dilakukan Jumat, 2 April 2010 di Rutan Mako Brimob atas izin Ketua Tim Penyidik Independen Mabes Polri Irjen. Pol Mathius Salempang dengan tujuan menjenguk dan melihat kondisi Gayus di tahanan.

Kedua, Senin, 22 November 2010 di Rutan Mako Brimob. Satgas bertemu dengan Gayus pada saat munculnya informasi terdakwa pergi ke Bali.

Satgas yang membentuk Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengumpulkan fakta dan menggali informasi mengenai kepergian Gayus ke Bali. Pertemuan dengan Gayus dilakukan dilakukan pukul 22.00 WIB, beberapa saat sebelum Gayus dipindah ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Anggota TPF yang ikut bertemu Gayus terdiri dari Sigit Danang Joyo, Kompol Riko Sunarko, Muhammad Yusuf dengan sepengetahuan Kepala Rutan Mako Brimob dan seizin Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan untuk perkara An. Gayus Tambunan, yaitu Ibu Albertina Ho.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

"Pertemuan bertujuan untuk mengklarifikasi dan menggali informasi terkait kepergian Gayus ke Bali didampingi pula oleh beberapa pengawal dan penjaga tahanan."

Sementara itu, Satgas juga menjelaskan kembali pertemuan mereka dengan Gayus sebelum yang bersangkutan berstatus tahanan. Pertemuan itu sebagai berikut:

1. Tiga kali di Kantor Staf Khusus Presiden:

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

-Kamis, 18 Maret 2010, dihadiri oleh Anggota Satgas Denny Indrayana dan Mas Achmad Santosa beserta Tim Asistensi Satgas.

-Senin, 22 Maret 2010, dihadiri Anggota Satgas Denny Indrayana dan Mas Achmad Santosa beserta Tim Asistensi Satgas.

-Rabu, 24 Maret 2010, dihadiri Anggota Satgas Denny Indrayana dan Tim Asistensi Satgas.

2. Dua kali di Singapura pada 31 Maret 2010. Pada saat itu, Gayus pergi ke Singapura.

Perbasi Apresiasi Sukses Pelita Jaya Tembus Babak Utama BCL Asia

Dengan demikian, Satgas membantah pernyataan anggota Komisi III DPR Ahmad Yani. "Itu tidak benar," bunyi pernyataan Satgas.

Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024