Tiga Kesimpulan Rapat DPR-Kapolri

Irjen Pol. Timur Pradopo
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Rapat Kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat dengan Kepala Kepolisian Jenderal Timur Pradopo menyepakati tiga kesimpulan. Kesimpulan itu diperoleh dalam rapat yang digelar sejak Senin 24 Januari 2011 pagi sampai Senin malam.

Salah satu poin pentingnya adalah mendesak pengungkapan kasus mafia hukum dan mafia pajak Gayus Halomoan Tambunan. Kasus yang diduga melibatkan aparat penegak hukum ini, harus diselesaikan secara transparan dan akuntabel tanpa diskriminasi.

Berikut kesimpulan Raker yang dibacakan Ketua Komisi III DPR Benny Kabur Harman:

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

1. Komisi Hukum mendesak kembali atas kesimpulan  Raker tanggal 26 April 2010 kepada Kapolri untuk  mengusut tuntas kasus mafia hukum, mafia pajak dan  mafia imigrasi secara transparan, nondiskriminatif,  akuntabel dan berkeadilan dengan memeriksa semua pihak yang terlibat dengan kasus tersebut tanpa  pandang bulu. Termasuk keterangan pihak-pihak yang disebut Gayus Tambunan sebagai bukti petunjuk yang  harus ditindaklanjuti sesuai peraturan-perundang-undangan yang berlaku dalam waktu secepat-cepatnya.

2. Komisi Hukum mendesak Kapolri segera menerbitkan dan menyempurnakan standard operation procedure dalam setiap tahapan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Polri sesuai struktur organisasi yang baru dan diserahkan kepada Komisi Hukum dalam raker mendatang.

3. Komisi Hukum mendesak Kapolri untuk memperbaiki mekanisme pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku dengan menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. (sj)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024