Seniman: Crop Circle Sangat Mungkin Buatan

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVAnews -- Sebuah pola misterius terbentuk di area persawahan di Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masih belum diketahui, apakah crop circle tersebut buatan manusia atau ada kaitannya dengan pendaratan UFO (unidentified flying object).

Jika benar, itu buatan manusia, belum ada pengakuan, baik dari warga maupun seniman di DIY.

Seorang seniman perupa, Samuel Indratman melihat, pola crop circle yang ada di Sleman sangat mungkin dibuat manusia.

"Istilahnya land art, seni yang menggunakan material alami dari lingkungan," kata dia kepada VIVAnews, Selasa 25 Januari 2011.

Untuk seniman, tambah dia, itu mudah dilakukan, tak perlu menggunakan teknologi canggih. Cukup dengan alat-alat sederhana. Samuel sendiri menyangsikan crop circle itu dibuat oleh UFO, tapi juga tak bisa memastikan. 

Bagaimana dengan kemunculannya yang mendadak? "Itulah fungsinya seniman, harus punya kejutan, tahu-tahu ada, mendadak, untuk surprise," tambah dia.

"Seperti seni mural, mendadak ada gambar-gambar, kapan mengerjakannya?," kata Samuel. "Pertanyaannya, apa motifnya? Targetnya apa?."

Sebelumnya, sejumlah seniman Yogyakarta membantah telah membuat lingkaran menyerupai jejak pesawat ruang angkasa UFO di persawahan Dusun Krasakan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Salah seorang seniman, Ong Hari Wahyu, mengakui jika dilihat dari bentuknya, pola simetris atau crop circle ini mirip hasil karya seni. Namun demikian, sangat jarang ada seniman bisa membuat karya seni seperti itu. "Kami tidak membuatnya," ujarnya di Yogyakarta, Senin 24 Januari 2011. (sj)

Laporan: Juna Sanbawa| DIY

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024