Dana Asing Kabur, Pemerintah Tetap Tenang

Penjualan valas di Cikini
Sumber :
  • Fanny Octavianus

VIVAnews - Pemerintah menilai aliran dana asing yang keluar (capital outflow) sekitar US$146 juta atau sekitar Rp1,3 triliun bersifat sementara dan tidak berjalan dengan masif.

"Saya melihat mereka tidak akan keluar, saya tetap akan optimis," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, usai seminar Micro Finance Summit di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu, 26 Januari 2011.

Menurut Hatta, tidak semua investor asing saat ini berusaha menarik investasinya di Indonesia. Sebab, masih ada investor yang menanamkan dananya dalam bentuk investasi langsung (foreign direct investment) sekitar US$12 miliar atau sekitar Rp108 triliun. "Jadi, bisa terlihat masih banyak yang bertahan," katanya.

Hatta optimistis, investor masih akan tetap menyimpan dananya di Indonesia. Sebab, fundamental perusahaan-perusahaan di Tanah Air masih sangat bagus. Apalagi, iklim usaha di dalam negeri masih lebih baik dibanding keadaan di negara lain seperti Eropa.

Terkait penurunan indeks harga saham gabungan (IHSG) beberapa hari terakhir, dia melanjutkan, merupakan dampak dari penurunan yang terjadi di kawasan regional. Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya menjaga stabilitas serta pembangunan lebih baik.

Usai Memilih Mualaf, Davina Karamoy Belum Siap Kenakan Hijab
Denny Cagur

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Setelah resmi terpilih jadi anggota DPR RI, Denny Cagur mengungkap ke depannya ia akan memprioritaskan karier sebagai wakil rakyat dan mengurangi kegiatan entertainment.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024