31 Januari 1996

Bom Bunuh Diri di Sri Lanka, 91 Tewas

Serangan bom di Sri Lanka
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews – Pada 15 tahun lalu, penduduk ibukota Sri Lanka, Colombo, terguncang oleh serangan bom bunuh diri. Sedikitnya 91 orang tewas dan 1.400 lainnya terluka di pusat kota Colombo.

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Menurut Stasiun Berita BBC, bom bunuh diri tersebut dimuat di atas sebuah truk yang kemudian ditabrakkan ke gedung bank sentral. Pihak otoritas Sri Lanka langsung menuduh gerakan separatis Macan Tamil sebagai pelaku bom bunuh diri.

Selain menghancurkan dua lantai bawah gedung bank sentral, dahsyatnya ledakan juga mengakibatkan jendela gedung 39 lantai yang ada di dekatnya rusak.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Serangan bom bunuh diri tersebut merupakan serangan balasan Macan Tamil terhadap ofensif besar-besaran pemerintah Sri Lanka terhadap posisi mereka.

Sebulan sebelumnya, militer Sri Lanka berhasil menguasai kota Jaffna, markas pertahanan utama kelompok Macan Tamil. Konflik antara Macan Tamil dengan pemerintah Sri Lanka telah berlangsung sejak tahun 1970-an. Selama kurun waktu tersebut hingga 2010, perang saudara di Sri Lanka telah menewaskan lebih dari 40.000 orang.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
Ayah dari King Nassar, Ahmad Hasan Sungkar

Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari pedangdut Nassar Sungkar atau King Nassar. Ayahanda Nassar, Ahmad Hasan Sungkar meninggal dunia pada hari ini, Jumat, 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024