Syuting Si Anak Kampoeng, Bebas Narkoba Dulu

foto ilustrasi industri film
Sumber :

VIVAnews - Ada pemandangan tidak biasa saat syuting film 'Si Anak Kampoeng' di kawasan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Para pemain harus menjalani tes urine bebas narkoba.

Haru, Angelina Sondakh Ungkap Inspirasi Kebaikan Mendiang Mooryati Soedibyo

Tes urine ini merupakan kerjasama rumah produksi dengan Badan Narkotika Nasional.

"Ini memang sudah komitmen kami untuk pertama kalinya membuat film yang pemainnya harus bebas narkoba," kata Damien Dematra, sutradara film 'Si Anak Kampung' di lokasi syuting di kawasan puncak, Bogor, 31 Januari 2011.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

Tes dilakukan secara spontan, jadi para pemain tidak tahu kalau mereka akan menjalani tes urine. Pemain dipilih secara acak. Hasil tes urine itu nantinya akan dibawa ke BNN Jakarta.

"Jika nanti terbukti positif, maka pemain dipersilakan menyelesaikan syuting tapi setelah film selesai, karena mereka harus menjalani rehabilitasi dulu," kata pria berambut gondrong itu.

Damien menuturkan, tes urine itu sengaja dilakukan untuk membantu mengurangi penggunaan narkoba yang semakin menjamur di Indonesia. Apalagi banyak pemain baru yang kadang 'terjebak' dalam jeratan barang haram tanpa sengaja.

"Kadang narkoba itu dimasukkan ke dalam minuman atau permen, sehingga pemain-pemain yang masih baru tidak tahu kalau mereka sudah terjebak narkoba," ujar Damien.

Karena itulah ia berharap tes bebas narkoba yang dilakukan dalam syuting 'Si Anak Kampoeng' bisa ditiru rumah produksi lainnya.

Film 'Si Anak Kampung' menceritakan tentang kisah hidup Buya Syafii Maarif. Film ini adalah bagian pertama dari trilogi 'Si Anak Kampoeng' yang rencananya akan rilis April 2011. (umi)

Suntik vaksin

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin merupakan salah satu penemuan yang paling ampuh dalam mencegah sebuah penyakit yang selama ini ditakuti. Dan imunisasi global juga telah menyelamatkan154 juta jiwa

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024