Piala AFF Dongkrak Belanja Iklan

Piala AFF 2010
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews- Belanja Iklan sepanjang 2010 naik 23 persen dengan nilai sebesar Rp60 triliun. Belanja iklan itu didorong oleh dua peristiwa besar yaitu Piala Dunia dan Piala Asean Football Federation (AFF).

Menurut Managing Manager Audience Measurement Nielsen Company, Irawaty Pratignyo, kenaikan belanja iklan tersebut didorong oleh indeks kepercayaan konsumen yang juga naik.

"Indeks kepercayaan konsumen Indonesia merupakan yang tertinggi secara global. Confidence Indeks Indonesia mencapai 116 persen" kata dia di Jakarta, 1 Februari 2011.

Kejadian besar yaitu Piala Dunia dan Piala AFF merebut perhatian pemirsa Indonesia. Masyarakat lebih banyak menonton piala AFF dibanding Piala Dunia. Piala AFF memimpin rating 25 persen dan share 70 persen.

Irawaty menambahkan jumlah penonton televisi di sepuluh kota besar Indonesia meningkat menjadi 6,3 juta dari rata-rata 6 juta orang. Ia menjelaskan populasi televisi juga meningkat menjadi 49,5 juta orang dari 46,7 juta.

Pemirsa televisi menambah menonton program olahraga dari 4 persen sebesar 33 jam per tahun menjadi 6 persen sebesar 42 jam per tahun. "Orang dewasa dengan usia di atas 20 tahun tahun ini menghabiskan waktu di televisi lebih banyak hingga 20 persen," kata dia.

Kuartal empat 2010 merupakan puncak penonton tertinggi pemirsa televisi. Alasannya, selain acara olahraga, kedatangan Obama dan bencana alam menjadi perhatian pemirsa. (sj)

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU
VIVA Militer: Irjen TNI Laksdya TNI Dadi periksa kesiapan Satgas Monusco Konga

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Mereka akan menjalani operasi selama satu tahun di Republik Demokratik Kongo

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024