Saham-saham Diuntungkan Krisis Mesir

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Krisis politik di Timur Tengah, khususnya Mesir membuat harga minyak mentah di bursa utama dunia naik. Bahkan, sudah menembus level di atas US$100 per barel. Kenaikan itu memberi sentimen positif pada sebagian saham-saham di Bursa Efek Indonesia.

Saham-saham apa saja yang diuntungkan dari krisis Mesir tersebut, berikut penuturan sejumlah analis pasar modal.

Menurut T Heldy Arifien, analis PT Trimegah Securities Tbk, harga minyak mentah global yang berhasil menembus level US$100 per barel, akibat krisis Mesir menjadi sentimen positif bagi saham-saham di sektor komoditas. "Terutama, batu bara dan CPO (minyak sawit mentah)," tuturnya kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Itu sebabnya, dia merekomendasikan bahwa sejumlah saham yang layak akumulasi pada transaksi hari ini, Rabu 2 Febriari 2011, di antaranya PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP).

Heldy mengakui, selain dipicu sentimen penguatan harga minyak mentah dunia, adanya peralihan portofolio dari saham perbankan turut mendorong ramainya aksi beli investor terhadap saham-saham tamnbang maupun perkebunan.

Seperti diketahui, Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia ditutup menguat 33,33 (0,97 persen) ke level 3.442,50 pada transaksi kemarin, Selasa 1 Februari 2011. Sektor komoditas, seperti tambang dan perkebunan mencatat memberikan kontribusi besar terhadap penguatan IHSG. Tambang menguat 111,38 poin atau 3,65 persen menjadi 3.154,88, sedangkan agrobisnis naik 30,50 (1,49 persen) di posisi 2.071,02.

Selain itu, saham-saham tambang dan agribisnis tercatat masuk dalam daftar saham yang menguat cukup besar (top gainer). Saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) bercokol di posisi pertama dengan penguatan Rp900 (1,94 persen) ke level Rp47.200. AALI berada di urutan kedua, dengan peningkatan harga Rp750 atau 3,45 persen di posisi Rp22.450, dan PTBA di posisi keempat karena menguat Rp550 (2,78 persen) menjadi Rp20.300.

Kepala Riset PT Recapital Securities, Pardomuan Sihombing juga menyakini saham-saham komoditas akan diburu pelaku pasar pada perdagangan hari ini. Sebab, kinerja saham komoditas cukup baik waktu bursa terkoreksi.

Dia merekomendasikan, saham seperti BUMI, ADRO,PTBA, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Timah Tbk (TINS), PT International Nickel Indonesia Tbk (INCO), AALI, LSIP, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP), dan PT BW Plantations Tbk (BWPT).

Sementara itu, harga CPO dunia saat ini diperdagangakan pada US$1.247 per tonĀ  di pasar Rotterdam. Sedangkan harga batu bara di pasar New Castle berada pada harga US$122,98 per ton. Selain itu, hasil produksi beberapa perusahaan berbasis batu bara yang positif pada kuartal IV-2010 juga menjadi sentimen baik.

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024